Resep Sambal Untuk Bakso Mercon

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Untuk Bakso Mercon salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Untuk Bakso Mercon

Kamu penggemar bakso mercon? Jika iya, tentunya kamu tahu bahwa bakso mercon identik dengan sambal pedas yang menggigit lidah. Nah, kali ini saya akan membagikan resep sambal untuk bakso mercon yang pasti akan membuat lidahmu bergoyang. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal untuk bakso mercon, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa segera memulai proses pembuatan sambal untuk bakso mercon dengan langkah-langkah berikut:

1. Cuci bersih semua bahan

Sebelum membuat sambal, pastikan kamu telah mencuci semua bahan dengan bersih. Cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih bisa kamu cuci dengan air mengalir dan kemudian tiriskan.

2. Iris kasar semua bahan

Setelah semua bahan dicuci, iris kasar cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Irisan tidak perlu terlalu kecil, tapi juga jangan terlalu besar.

3. Tumis bawang merah dan bawang putih

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Jangan terlalu lama, agar tidak gosong.

4. Tambahkan cabai dan tomat

Setelah bawang merah dan bawang putih harum, masukkan cabai dan tomat yang telah diiris kasar. Aduk rata dan tunggu hingga cabai dan tomat layu.

5. Tambahkan gula dan garam

Setelah cabai dan tomat layu, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang.

6. Angkat dan blender

Setelah sambal matang, angkat dari wajan dan dinginkan sebentar. Setelah dingin, blender sambal hingga halus dan siap disajikan dengan bakso mercon.

7. Nikmati sambal pedas untuk bakso mercon

Sekarang kamu sudah berhasil membuat sambal pedas untuk bakso mercon. Sajikan sambal ini bersama bakso mercon yang kamu sukai dan nikmati sensasi pedas yang menyengat!

People also ask: Apakah sambal untuk bakso mercon harus pedas?

Jawaban: Ya, sambal untuk bakso mercon memang harus pedas. Karena itu, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit dan cabai merah keriting sesuai dengan selera pedasmu. Semakin banyak cabai, semakin pedas sambalnya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Untuk Bakso Mercon ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :