Resep Sambal Terong Yg Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terong Yg Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Yg Enak

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin membuat sambal terong yang enak? Berikut ini adalah resep sambal terong yang enak dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sambal terong ini, kamu membutuhkan beberapa bahan, di antaranya:

  • 5 buah terong yang sudah matang
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Aceh Powder secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal terong yang enak

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sambal terong yang enak:

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih terong, cabai, tomat, dan bawang putih. Setelah itu, iris semua bahan dengan ukuran yang sama.

2. Tumis bawang putih

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu tumis bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai merah keriting dan aduk-aduk hingga layu.

3. Tambahkan terong dan tomat

Setelah cabai merah keriting layu, masukkan terong dan tomat ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga terong dan tomat matang dan berubah warna.

4. Tambahkan garam dan gula pasir

Setelah terong dan tomat matang, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan air

Tambahkan air matang secukupnya ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan air meresap ke dalam terong dan tomat.

6. Tambahkan Aceh Powder

Setelah air meresap, tambahkan Aceh Powder secukupnya ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan meresap ke dalam terong dan tomat.

7. Aduk-aduk hingga matang

Aduk-aduk terong dan tomat hingga matang dan sambal benar-benar meresap ke dalam terong dan tomat. Cek rasa dan tambahkan garam atau gula pasir jika diperlukan.

8. Sajikan sambal terong yang enak

Sambal terong yang enak siap disajikan. Sajikan sambal terong ini bersama nasi putih hangat dan hidangkan pada saat makan siang atau makan malam bersama keluarga.

Bagaimana? Mudah bukan membuat sambal terong yang enak? Selamat mencoba!

Jawaban untuk People also ask: Bagaimana cara membuat sambal terong pedas?

Untuk membuat sambal terong yang pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai merah keriting atau cabai rawit ke dalam resep di atas. Sesuaikan dengan selera pedasmu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Yg Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :