Resep Sambal Terasi Otak-Otak Bangka

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Otak-Otak Bangka salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Otak-Otak Bangka

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin membagikan resep sambal terasi otak-otak bangka yang lezat dan mudah dibuat. Sambal terasi otak-otak bangka merupakan salah satu hidangan yang khas dari daerah Bangka Belitung. Sambal ini sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap otak-otak bangka. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara membuat sambal terasi otak-otak bangka yang lezat dan nikmat.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal terasi otak-otak bangka:

  • 10 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat sambal terasi otak-otak bangka:

1. Siapkan Bahan-bahan

Persiapkan semua bahan-bahan yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Cuci bersih cabe merah, cabe rawit, bawang putih, dan tomat.

2. Haluskan Bahan-bahan

Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang putih, dan tomat dengan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan terasi, gula merah, dan garam ke dalam bahan yang telah dihaluskan tadi.

3. Tumis Bahan-bahan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah itu, tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan tadi hingga harum dan matang.

4. Sajikan

Sambal terasi otak-otak bangka siap disajikan bersama dengan otak-otak bangka yang telah matang. Kamu juga bisa menyajikan sambal ini bersama dengan nasi putih atau mie goreng.

Tips

Agar sambal terasi otak-otak bangka lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis atau air asam ke dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit kecap manis untuk memberikan rasa manis pada sambal ini.

Dengan mengikuti resep di atas, kamu akan mendapatkan sambal terasi otak-otak bangka yang lezat dan nikmat. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, manis, dan sedikit asam sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan.

People also ask:

1. Apa itu otak-otak bangka?

Otak-otak bangka adalah makanan khas dari daerah Bangka Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bumbu-bumbu lainnya. Otak-otak ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar atau dikukus.

2. Apa bedanya sambal terasi otak-otak bangka dengan sambal terasi lainnya?

Sambal terasi otak-otak bangka memiliki rasa yang khas karena menggunakan bahan-bahan yang khas dari daerah Bangka Belitung. Selain itu, sambal ini juga memiliki rasa yang lebih pedas dan sedikit asam.

3. Apa yang bisa dijadikan alternatif jika tidak menyukai pedas?

Jika kamu tidak menyukai makanan yang pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabe merah dan cabe rawit dalam resep ini. Kamu juga bisa menambahkan sedikit gula atau kecap manis untuk memberikan rasa manis pada sambal ini.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Otak-Otak Bangka ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :