Resep Sambal Terasi Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Gula Merah

Koki profesional tidak hanya terampil dalam mengolah berbagai jenis masakan, tetapi juga ahli dalam membuat berbagai jenis saus atau sambal yang dapat menambah cita rasa pada masakan. Salah satu sambal yang cukup populer di Indonesia adalah sambal terasi gula merah. Berikut adalah resep sambal terasi gula merah yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal terasi gula merah, pastikan kamu memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 sendok makan terasi
  • 2 sendok makan gula merah yang telah disiapkan sebelumnya
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat sambal terasi gula merah

Setelah semua bahan-bahan siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat sambal terasi gula merah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan bahan

Pertama-tama, bersihkan dan cuci semua bahan yang akan digunakan. Kemudian, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, dan kemiri dengan menggunakan blender atau cobek.

2. Menumis bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Tambahkan terasi dan aduk rata.

3. Menambahkan gula merah dan garam

Selanjutnya, tambahkan gula merah dan garam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

4. Memasak sambal

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, masak sambal terasi gula merah di atas api kecil selama 10-15 menit. Aduk sesekali agar sambal tidak gosong dan matang secara merata.

5. Sajikan sambal terasi gula merah

Setelah matang, angkat sambal terasi gula merah dari wajan. Sajikan sambal dengan nasi putih dan lauk kesukaanmu.

Selain sebagai pelengkap masakan, sambal terasi gula merah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai jenis masakan seperti tumis sayur, mie goreng, atau nasi goreng. Kamu juga dapat menyimpan sambal terasi gula merah dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar awet dan tahan lama.

People also ask, apa itu terasi dan bagaimana cara memilih terasi yang baik?

Terasi adalah bahan masakan yang terbuat dari udang atau ikan yang telah difermentasi. Terasi memiliki aroma yang khas dan digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat berbagai jenis masakan seperti sambal, gulai, atau sayur. Untuk memilih terasi yang baik, pilihlah terasi yang memiliki warna cerah, tidak berbau amis, dan teksturnya keras dan rapuh. Hindari memilih terasi yang terlalu basah atau berair karena dapat mempengaruhi kualitas dan cita rasa masakan yang dihasilkan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :