Resep Sambal Terasi Goreng Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Goreng Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Goreng Tahan Lama

Koki profesional tentu memiliki berbagai macam resep makanan yang enak dan lezat. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah resep sambal terasi goreng tahan lama. Sambal terasi goreng ini merupakan jenis sambal yang cukup populer di Indonesia, karena memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Kenapa Harus Membuat Sambal Terasi Goreng Tahan Lama?

Sebagai koki profesional, tentu harus bisa membuat masakan yang awet dan tahan lama. Begitu juga dengan sambal terasi goreng ini. Dibutuhkan resep yang tepat agar sambal ini bisa bertahan lebih lama. Selain itu, sambal terasi goreng tahan lama juga bisa membuat kamu lebih efisien dalam mengelola waktu memasak dan bisa lebih hemat dalam penggunaan bahan-bahan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Agar sambal terasi goreng tahan lama bisa dibuat dengan baik, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

  • 500 gram cabe rawit
  • 10 siung bawang putih
  • 5 buah tomat
  • 100 gram terasi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Sambal Terasi Goreng Tahan Lama

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal terasi goreng tahan lama:

  1. Bersihkan cabe rawit dari tangkainya dan cuci hingga bersih.
  2. Kupas bawang putih dan cuci tomat, lalu potong-potong.
  3. Tumis terasi hingga harum, lalu angkat dan haluskan.
  4. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabe rawit dan tomat. Tambahkan garam dan gula secukupnya.
  5. Aduk rata dan masak hingga cabe rawit dan tomat layu.
  6. Masukkan terasi yang sudah dihaluskan, aduk rata dan masak hingga sambal matang.
  7. Angkat dan sajikan atau simpan dalam wadah tertutup untuk dijadikan stok sambal.
Cara Menyimpan Sambal Terasi Goreng Tahan Lama

Sambal terasi goreng tahan lama bisa disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak goreng pada sambal sebelum disimpan agar bisa lebih awet.

Jangan lupa untuk menyimpan sambal terasi goreng dalam kulkas jika ingin disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sambal terasi goreng tahan lama bisa bertahan selama 1-2 minggu dalam kulkas.

People also ask, apakah sambal terasi goreng bisa dibuat dengan bahan lain selain cabe rawit? Jawabannya, tentu saja bisa. Kamu bisa mengganti cabe rawit dengan cabe merah atau hijau sesuai dengan selera. Namun, cabe rawit memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi sehingga bisa membuat sambal terasi goreng menjadi lebih pedas dan nikmat.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Goreng Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :