Resep Sambal Terasi Ayam Goreng

Posted on

Resep Sambal Terasi Ayam Goreng salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Ayam Goreng

Kamu sedang mencari resep sambal terasi ayam goreng yang enak dan mudah dibuat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sebagai koki profesional, saya akan berbagi resep sambal terasi ayam goreng yang pasti akan membuat lidah kamu bergoyang.

Resep Sambal Terasi Ayam Goreng

Bahan-Bahan:

1. 500 gram ayam potong sesuai selera.

2. 5 sendok makan terasi.

3. 10 buah cabai merah keriting.

4. 5 buah cabai rawit merah.

5. 5 siung bawang merah.

6. 3 siung bawang putih.

7. 2 sendok makan air jeruk nipis.

8. 1 sendok teh garam.

9. 1 sendok teh gula merah.

10. Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:

Langkah 1:

Pertama-tama, cuci bersih ayam dan potong sesuai selera. Kemudian, marinasi ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan gula merah selama 30 menit.

Langkah 2:

Haluskan terasi, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.

Langkah 3:

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ayam hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 4:

Tumis bumbu terasi yang sudah dihaluskan dengan menggunakan minyak goreng hingga harum dan matang. Lalu, tambahkan sedikit garam dan gula merah sesuai selera.

Langkah 5:

Setelah itu, masukkan ayam goreng dan aduk rata dengan bumbu terasi. Masak selama 2-3 menit.

Resep Sambal Terasi Ayam Goreng Siap Disajikan

Resep sambal terasi ayam goreng siap disajikan. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sayur tumis sebagai pelengkap.

Bagaimana? Mudah dan enak bukan?

Jika kamu ingin mencoba variasi lain, kamu bisa menambahkan irisan daun kemangi atau tomat yang sudah diiris tipis. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit air saat memasak bumbu terasi agar sambal terasi ayam gorengmu tidak terlalu kering.

Jangan lupa, cicipi sambal terasi ayam goreng yang kamu buat. Jika rasa terlalu pedas atau kurang gurih, kamu bisa menyesuaikan bumbu terasi sesuai dengan selera kamu.

People also ask:

Q: Apakah bumbu terasi bisa digunakan untuk masakan lain selain sambal terasi ayam goreng?

A: Tentu saja! Bumbu terasi bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan, seperti tumis kangkung, sayur asem, hingga pepes ikan.

Q: Apakah terasi bisa diganti dengan bahan lain?

A: Terasi memiliki rasa yang unik sehingga sulit diganti dengan bahan lain. Namun, jika kamu tidak suka dengan terasi, kamu bisa menggantinya dengan teri medan atau ikan asin yang sudah dihaluskan.

Q: Apakah sambal terasi ayam goreng bisa disimpan dalam waktu yang lama?

A: Tidak disarankan untuk menyimpan sambal terasi ayam goreng dalam waktu yang lama karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebaiknya, kamu mengonsumsinya dalam waktu 1-2 hari setelah dimasak.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Ayam Goreng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :