Resep Sambal Matah Khas Lombok

Posted on

Resep Sambal Matah Khas Lombok salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Matah Khas Lombok

Kamu ingin mencoba masakan khas Lombok yang pedas dan lezat? Sambal matah adalah salah satu resep yang wajib kamu coba. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan segar dan mudah didapatkan. Berikut ini adalah resep sambal matah khas Lombok yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan sambal matah

Sebelum memulai membuat sambal matah, pastikan kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 8-10 cabai rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml minyak goreng

Cara membuat sambal matah

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal matah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, dan tomat merah. Iris tipis bawang merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk. Potong tomat merah menjadi dadu kecil.

2. Haluskan bahan

Selanjutnya, haluskan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih menggunakan blender atau cobek. Jangan terlalu halus agar sambal tetap terasa segar dan sedikit kasar. Campurkan cabai, bawang, dan tomat dalam wadah yang sudah disiapkan.

3. Tambahkan bumbu

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk rata semua bahan hingga bumbu tercampur merata.

4. Tambahkan minyak goreng

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah minyak panas, tuang minyak ke dalam wadah yang berisi campuran bahan sambal. Aduk rata hingga minyak tercampur merata dengan bahan sambal.

5. Sajikan sambal matah

Sambal matah khas Lombok siap disajikan. Kamu bisa menyantapnya bersama dengan nasi putih, ayam goreng, atau lauk lainnya.

Cara menyimpan sambal matah

Jika kamu ingin menyimpan sambal matah, simpanlah dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Sambal bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dengan benar.

Jangan lupa, sambal matah khas Lombok ini sangat pedas. Jika kamu tidak terbiasa dengan makanan pedas, sebaiknya kurangi jumlah cabai rawit sesuai selera. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apa itu sambal matah?

Sambal matah adalah sambal khas Lombok yang terbuat dari bahan-bahan segar seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan serai.

2. Apa yang membuat sambal matah khas Lombok berbeda dengan sambal lainnya?

Sambal matah khas Lombok memiliki rasa segar dan sedikit kasar karena bahan-bahannya diiris tipis dan tidak dihaluskan terlalu halus.

3. Bagaimana cara menyajikan sambal matah?

Sambal matah bisa disajikan bersama dengan nasi putih, ayam goreng, atau lauk lainnya.

4. Berapa lama sambal matah bisa disimpan?

Sambal matah bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

5. Bisakah jumlah cabai rawit dikurangi untuk membuat sambal matah yang tidak terlalu pedas?

Tentu saja. Kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit sesuai selera dan keinginanmu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Matah Khas Lombok ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :