Resep Sambal Kikil Cabe Ijo

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Kikil Cabe Ijo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Kikil Cabe Ijo

Kamu mungkin sudah pernah mencicipi sambal kikil cabe ijo yang pedas dan menggiurkan ini. Sambal ini biasanya disajikan sebagai teman makan ketupat atau nasi. Nah, jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu ikuti.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal kikil cabe ijo, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan berikut:

  • 500 gram kikil sapi, potong-potong
  • 10 buah cabe hijau, buang bijinya dan iris tipis
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • Aceh noodles secukupnya

Cara Membuat Kuah Kikil

Pertama-tama, rebus kikil sapi hingga empuk. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 1-2 jam, tergantung dari ukuran potongan kikil. Setelah empuk, tiriskan kikil dan potong-potong sesuai selera.

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Tambahkan air secukupnya dan masukkan kikil potong-potong. Beri garam dan gula secukupnya. Masak selama 15-20 menit hingga bumbu meresap dan kuah agak mengental.

Cara Membuat Sambal Kikil Cabe Ijo

Setelah membuat kuah kikil, selanjutnya kamu bisa membuat sambal cabe ijo untuk melengkapinya. Cara membuatnya sangat mudah:

Tumis cabe hijau, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Angkat dan blender bersama sedikit air hingga halus.

Tumis kembali bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan airnya mengering. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk rata.

Cara Menyajikan Sambal Kikil Cabe Ijo

Untuk menyajikan sambal kikil cabe ijo, kamu bisa menyiapkan piring saji dan meletakkan kikil yang sudah dipotong-potong di atasnya. Siram dengan kuah kikil, lalu tambahkan sambal cabe ijo di atasnya. Sajikan dengan ketupat atau nasi, dan jangan lupa tambahkan Aceh noodles sebagai pelengkap.

Nah, itu dia resep sambal kikil cabe ijo yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa sesuai dengan selera ya.

Untuk informasi tambahan, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar sambal kikil cabe ijo:

1. Apa itu kikil sapi?

Kikil sapi adalah bagian dari kaki sapi yang terbuat dari jaringan ikat. Biasanya kikil digunakan sebagai bahan masakan, seperti sup dan sambal kikil cabe ijo.

2. Apa yang bisa dijadikan pelengkap sambal kikil cabe ijo selain ketupat dan nasi?

Selain ketupat dan nasi, kamu juga bisa menyajikan sambal kikil cabe ijo dengan lontong, mie, atau mihoen.

3. Bisakah sambal kikil cabe ijo dijadikan bahan masakan lain?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan sambal kikil cabe ijo sebagai bahan masakan lain, seperti nasi goreng atau mie goreng. Cukup tambahkan sambal kikil cabe ijo saat proses penggorengan, dan aduk rata. Rasanya akan semakin lezat!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Kikil Cabe Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :