Resep Sambal Goreng Kentang Yang Enak

Posted on

Resep Sambal Goreng Kentang Yang Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Goreng Kentang Yang Enak

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal goreng kentang. Sambal goreng kentang merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari kentang yang digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang pedas dan gurih. Kali ini, saya akan berbagi resep sambal goreng kentang yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal goreng kentang, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan: – 500 gram kentang – 5 buah cabai merah – 5 buah cabai rawit – 3 siung bawang putih – 2 siung bawang merah – 2 lembar daun salam – 2 lembar daun jeruk – 1 batang serai – 1 buah tomat – 1 sendok teh terasi – 1 sendok teh gula merah – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica – 500 ml air – Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu bisa mulai memasak sambal goreng kentang yang enak dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Potong kentang menjadi dadu kecil. Cuci bersih dan tiriskan. 2. Panaskan minyak di dalam wajan. Goreng kentang hingga kuning kecoklatan. Tiriskan. 3. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan terasi menggunakan blender atau ulekan. 4. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum. 5. Masukkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil dan tumis hingga layu. 6. Tambahkan air, gula merah, garam, dan merica. Aduk rata. 7. Masukkan kentang yang sudah digoreng ke dalam bumbu. Aduk rata. 8. Masak hingga bumbu meresap dan kentang empuk. 9. Sajikan sambal goreng kentang yang enak dengan nasi putih hangat.

Tips

– Untuk membuat sambal goreng kentang yang enak, pilih kentang yang berkulit tipis dan tidak banyak mengandung pati. – Jangan terlalu banyak menggunakan minyak saat menggoreng kentang. – Jika kamu tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai rawit yang digunakan.

Variasi

– Tambahkan potongan daging ayam atau tahu ke dalam sambal goreng kentang untuk lebih variatif. – Campurkan telur dadar yang sudah diiris kecil-kecil untuk menambahkan protein dalam hidangan. – Tambahkan kacang tanah goreng sebagai topping. People also ask: – Apakah sambal goreng kentang bisa disimpan di kulkas? Jawab: Ya, sambal goreng kentang bisa disimpan di kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan kamu memanaskannya terlebih dahulu sebelum disajikan kembali agar rasanya tetap enak. – Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam sambal goreng kentang? Jawab: Selain kentang, kamu bisa menambahkan daging ayam, tahu, telur dadar, atau kacang tanah goreng ke dalam sambal goreng kentang.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Kentang Yang Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :