Resep Sambal Goreng Kentang Nyemek

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Kentang Nyemek salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Kentang Nyemek

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita temukan dalam hidangan sehari-hari. Ada banyak sekali jenis olahan kentang yang bisa kita buat, salah satunya adalah sambal goreng kentang nyemek. Resep ini cukup mudah dibuat dan rasanya sangat lezat. Berikut ini adalah resep sambal goreng kentang nyemek yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal goreng kentang nyemek, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 500 gram kentang
  • 2 buah tomat
  • 6 buah cabe rawit
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 sendok teh terasi
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Nyemek

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat sambal goreng kentang nyemek. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Mengupas dan Memotong Kentang

Kentang yang sudah dibeli harus dikupas dan dipotong-potong menjadi berbagai bentuk. Kamu bisa memotong kentang menjadi dadu, korek api, atau bentuk lainnya sesuai dengan selera.

2. Membuat Bumbu Halus

Selanjutnya, bumbu halus harus dibuat terlebih dahulu. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan terasi hingga harum. Setelah itu, haluskan bumbu tersebut menggunakan blender atau ulekan.

3. Menggoreng Kentang

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng kentang hingga matang dan berwarna keemasan. Setelah itu, angkat dan tiriskan kentang dari minyak goreng.

4. Membuat Sambal Goreng Kentang Nyemek

Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai hingga harum. Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong dan aduk rata. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga tomat menjadi lembut.

5. Memasukkan Kentang ke dalam Sambal

Setelah tomat menjadi lembut, masukkan kentang yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan tambahkan gula serta garam secukupnya. Masak hingga semua bahan tercampur dan sambal goreng kentang nyemek siap disajikan.

Itulah resep sambal goreng kentang nyemek yang bisa kamu coba di rumah. Rasanya yang pedas dan gurih pasti akan membuat makanmu semakin nikmat. Selamat mencoba!

People Also Ask:

Q: Apakah sambal goreng kentang nyemek bisa disimpan di dalam kulkas?

A: Ya, sambal goreng kentang nyemek bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya kamu menghangatkannya terlebih dahulu sebelum disajikan kembali.

Q: Bolehkah menggunakan kentang yang sudah matang?

A: Boleh saja, namun rasanya tidak akan selezat kentang yang digoreng terlebih dahulu.

Q: Bisakah menggunakan tomat kalengan?

A: Bisa, namun rasanya tidak akan selezat menggunakan tomat segar.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Kentang Nyemek ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :