Resep Sambal Goreng Kentang Krecek

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Kentang Krecek salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Kentang Krecek

Kentang dan krecek memang dua bahan yang berbeda, namun ketika digabungkan dengan sambal, hasilnya sangat lezat. Sambal goreng kentang krecek adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Sambal ini memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit manis. Jika Anda ingin mencoba membuat sambal goreng kentang krecek sendiri di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sambal goreng kentang krecek, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Kentang

Anda bisa menggunakan kentang ukuran sedang atau besar. Cuci bersih kentang, kupas kulitnya, dan potong-potong sesuai selera. Setelah itu, goreng kentang hingga kuning kecoklatan dan sisihkan.

2. Krecek

Krecek adalah kulit sapi yang sudah dikeringkan. Banyak orang yang kurang suka dengan tekstur krecek yang kenyal dan berlemak. Namun, jika Anda ingin mencoba membuat sambal goreng kentang krecek, krecek tetap harus digunakan. Cuci bersih krecek dan rebus hingga empuk. Setelah itu, potong-potong sesuai selera dan goreng hingga kering.

3. Bumbu-bumbu

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng kentang krecek antara lain:

– Bawang putih

Anda bisa menggunakan bawang putih segar atau bawang putih bubuk. Haluskan bawang putih hingga halus.

– Bawang merah

Sama dengan bawang putih, Anda bisa menggunakan bawang merah segar atau bawang merah bubuk. Haluskan bawang merah hingga halus.

– Cabai merah

Cabai merah digunakan untuk memberikan rasa pedas pada sambal goreng kentang krecek. Anda bisa menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan selera.

– Gula merah

Gula merah digunakan untuk memberikan rasa manis pada sambal goreng kentang krecek. Anda bisa menggunakan gula merah yang sudah dihaluskan atau gula merah yang diparut.

– Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa gurih pada sambal goreng kentang krecek.

– Air asam jawa

Air asam jawa digunakan untuk memberikan rasa asam pada sambal goreng kentang krecek. Anda bisa mengganti air asam jawa dengan air jeruk nipis atau air lemon.

– Minyak goreng

Minyak goreng digunakan untuk menumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Krecek

Setelah semua bahan sudah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal goreng kentang krecek:

1. Menumis Bumbu-bumbu

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai merah dan tumis hingga layu.

2. Masukkan Kentang dan Krecek

Masukkan kentang dan krecek ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit.

3. Tambahkan Gula Merah dan Garam

Tambahkan gula merah dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap ke dalam kentang dan krecek.

4. Tambahkan Air Asam Jawa

Tambahkan air asam jawa ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga air asam jawa meresap ke dalam kentang dan krecek.

5. Sajikan

Sambal goreng kentang krecek siap disajikan. Anda bisa menyajikan sambal ini dengan nasi putih hangat atau sebagai lauk untuk makan siang atau makan malam.

Jangan lupa, sambal goreng kentang krecek ini memiliki rasa yang pedas dan gurih. Jika Anda kurang suka dengan rasa pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabai merah yang digunakan. Selamat mencoba!

People Also Ask

1. Apa itu krecek?

Krecek adalah kulit sapi yang sudah dikeringkan. Krecek biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan yang pedas dan gurih, seperti sambal goreng kentang krecek.

2. Bagaimana cara membuat krecek?

Untuk membuat krecek, kulit sapi harus dibersihkan dan dipotong-potong. Setelah itu, kulit sapi dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Setelah itu, krecek siap digunakan sebagai bahan tambahan masakan.

3. Apakah krecek sehat untuk dikonsumsi?

Krecek mengandung lemak yang cukup tinggi dan juga kolesterol. Oleh karena itu, konsumsi krecek sebaiknya dalam jumlah yang terbatas.

4. Berapa lama sambal goreng kentang krecek bisa bertahan?

Sambal goreng kentang krecek bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan di dalam kulkas. Namun, sebaiknya sambal ini dimakan dalam waktu 1-2 hari setelah dibuat untuk mendapatkan rasa yang lebih segar.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Kentang Krecek ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :