Resep Sambal Goreng Daging Sapi Dan Kentang

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Daging Sapi Dan Kentang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Daging Sapi Dan Kentang

Kamu seorang koki profesional dan sedang mencari resep baru untuk dihidangkan? Cobalah resep sambal goreng daging sapi dan kentang yang lezat ini. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang sederhana, kamu bisa menyajikan hidangan yang enak dan bergizi untuk keluarga atau tamu.

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan kamu memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng daging sapi dan kentang:

  • 500 gram daging sapi yang telah dipotong-potong
  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan gula merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah memiliki semua bahan, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal goreng daging sapi dan kentang:

1. Memasak Daging Sapi

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis daun salam, serai, dan daun jeruk hingga harum. Kemudian, masukkan potongan daging sapi dan aduk hingga daging sapi berubah warna dan setengah matang.

2. Memasak Kentang

Tambahkan kentang yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan dan aduk hingga kentang tercampur dengan daging sapi. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga kentang dan daging sapi matang sempurna.

3. Membuat Sambal

Untuk membuat sambal, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah ke dalam blender. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan harum. Setelah itu, masukkan gula merah dan air asam jawa ke dalam wajan dan aduk hingga gula merah larut.

4. Gabungkan Semua Bahan

Setelah sambal matang, masukkan sambal ke dalam wajan yang berisi daging sapi dan kentang. Aduk hingga semua bahan tercampur dan saus menempel pada daging sapi dan kentang. Tambahkan garam secukupnya untuk menyesuaikan rasa.

5. Hidangkan

Sajikan sambal goreng daging sapi dan kentang dalam piring dan nikmati dengan nasi putih hangat. Kamu juga bisa menambahkan irisan mentimun atau tomat untuk memberi rasa segar pada hidangan.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat sambal goreng daging sapi dan kentang yang lezat. Namun, mungkin masih ada beberapa pertanyaan yang muncul dalam benakmu tentang resep ini. Misalnya, apakah kamu bisa menggunakan bahan pengganti jika tidak ada bahan tertentu atau bagaimana menyimpan sisa hidangan. Berikut jawabannya:

Jawaban:

1. Jika tidak memiliki daging sapi, kamu bisa mengganti dengan daging ayam atau daging sapi cincang. Namun, rasanya akan sedikit berbeda.

2. Jika tidak memiliki air asam jawa, kamu bisa menggantinya dengan air jeruk nipis atau cuka. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlahnya agar tidak terlalu asam.

3. Jika ingin menyimpan sisa hidangan, masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Hidangan ini bisa tahan selama 1-2 hari.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Daging Sapi Dan Kentang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :