Resep Sambal Goreng Ati Bunda Didi

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Ati Bunda Didi salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Ati Bunda Didi

Kamu yang suka masak pasti tahu bahwa sambal goreng ati adalah salah satu masakan yang cukup populer di Indonesia. Namun, kali ini saya akan membagikan resep spesial sambal goreng ati dari Bunda Didi. Resep ini sudah terkenal dan sering dibuat oleh banyak orang. Yuk, simak resep sambal goreng ati Bunda Didi yang enak dan gurih berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal goreng ati Bunda Didi, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 500 gram ati ampela ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 750 ml santan kental
  • 150 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal goreng ati Bunda Didi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membersihkan Ati Ampela Ayam

Pertama-tama, bersihkan ati ampela ayam dengan baik. Buang kotoran dan kulitnya, kemudian potong-potong sesuai selera. Setelah itu, cuci bersih ati ampela ayam dengan air mengalir dan beri perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit agar tidak amis.

2. Membuat Bumbu Halus

Selanjutnya, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, kunyit, terasi, dan garam. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar bumbu lebih mudah dihaluskan.

3. Menumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi. Tumis hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Aduk rata dan masak hingga harum.

4. Menambahkan Santan Kental

Setelah bumbu sudah matang, masukkan santan kental dan air. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Kemudian masukkan ati ampela ayam yang sudah dipotong-potong tadi. Aduk rata dan masak hingga ati empuk dan bumbu meresap.

5. Menambahkan Gula Merah

Terakhir, tambahkan gula merah yang sudah di sisir. Aduk rata dan masak hingga gula merah larut dan bumbu tercampur sempurna. Sambal goreng ati Bunda Didi siap disajikan.

Tips Agar Sambal Goreng Ati Bunda Didi Makin Lezat

Agar sambal goreng ati Bunda Didi yang kamu buat menjadi lebih lezat, sebaiknya gunakan santan kental yang segar. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti kentang, tahu, atau tempe agar sambal goreng ati lebih variatif. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi dan menyesuaikan rasa sesuai selera.

People also ask, apa itu sambal goreng ati? Sambal goreng ati adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari ati ampela ayam yang digoreng dan disajikan dengan bumbu khas Indonesia. Bagaimana cara membuat sambal goreng ati yang enak? Ikuti resep sambal goreng ati Bunda Didi yang spesial dan nikmati sajian yang lezat dan gurih. Bagaimana cara memilih ati ampela ayam yang baik? Pilih ati ampela ayam yang segar dan tidak berbau, kemudian bersihkan dengan baik sebelum digunakan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Bunda Didi ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :