Resep Sambal Goreng Ati Bumbu Merah

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Ati Bumbu Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Ati Bumbu Merah

Koki profesional pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal goreng ati bumbu merah. Masakan yang satu ini memang sangat populer di Indonesia. Sambal goreng ati bumbu merah biasanya dihidangkan sebagai lauk atau juga sebagai pelengkap nasi. Rasanya yang pedas dan gurih membuat banyak orang ketagihan. Bagi yang belum tahu cara membuatnya, berikut ini adalah resep sambal goreng ati bumbu merah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal goreng ati bumbu merah, pastikan semua bahan sudah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram hati ayam, potong-potong kecil
  • 500 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 sendok makan gula merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Garam secukupnya

Cara membuat sambal goreng ati bumbu merah

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat sambal goreng ati bumbu merah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Tumis bumbu halus

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, kemiri, dan terasi) hingga harum dan matang.

2. Masukkan hati ayam

Tambahkan hati ayam yang sudah dipotong-potong. Aduk rata dan masak hingga hati ayam berubah warna.

3. Tambahkan air kelapa dan bumbu lainnya

Tuangkan air kelapa ke dalam wajan. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Aduk rata dan biarkan hingga mendidih.

4. Tambahkan gula merah, air asam jawa, dan garam

Tambahkan gula merah, air asam jawa, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

5. Matikan api dan hidangkan

Setelah sambal goreng ati bumbu merah matang, matikan api dan hidangkan selagi masih hangat. Sambal goreng ati bumbu merah siap dinikmati dengan nasi hangat.

Catatan

Untuk membuat sambal goreng ati bumbu merah yang enak, pastikan hati ayam yang digunakan segar dan tidak berbau amis. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan air agar kuah tidak terlalu encer. Sambal goreng ati bumbu merah juga bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari.

People also ask, bagaimana cara membuat sambal goreng ati bumbu merah yang lebih pedas?

Jawabannya, cara membuat sambal goreng ati bumbu merah yang lebih pedas adalah dengan menambahkan cabai rawit atau cabai bubuk ke dalam bumbu halus. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan selera dan ketahanan tubuh masing-masing.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Bumbu Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :