Resep Sambal Geprek Yang Awet

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Geprek Yang Awet salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Geprek Yang Awet

Koki profesional pasti tahu bagaimana cara membuat sambal geprek yang awet. Sambal geprek merupakan salah satu makanan yang sedang populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuat banyak orang ketagihan. Namun, agar sambal geprek bisa bertahan lama, dibutuhkan resep dan cara yang tepat. Berikut adalah resep sambal geprek yang awet.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal geprek, pastikan telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 10 cabai rawit
  • 5 cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat

Untuk membuat sambal geprek yang awet, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting, dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan.
  3. Tambahkan garam, gula pasir, minyak goreng, dan air jeruk nipis ke dalam adonan cabai yang telah dihaluskan. Aduk rata.
  4. Panaskan wajan dan tumis adonan cabai hingga matang dan harum. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.
  5. Ambil sambal geprek yang telah matang dan letakkan di atas cobek batu. Ulek sambal hingga terlihat halus dan tercampur rata.
  6. Sambal geprek yang telah halus dan tercampur rata siap disajikan.

Penyimpanan

Untuk membuat sambal geprek yang awet, penyimpanan yang tepat juga sangat diperlukan. Pastikan sambal geprek telah benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah atau botol. Simpan sambal geprek di dalam kulkas agar bisa bertahan hingga beberapa minggu.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakannya, bisa dicampur dengan nasi, ayam goreng, atau makanan lainnya. Sambal geprek yang awet ini juga bisa dijual di rumah makan atau warung makan. Dengan begitu, pengusaha kuliner bisa menghemat waktu dan biaya dalam membuat sambal geprek yang selalu fresh.

Banyak orang yang mengajukan pertanyaan tentang sambal geprek, seperti bagaimana cara membuat sambal geprek yang enak, bagaimana cara membuat sambal geprek yang pedas, atau bagaimana cara membuat sambal geprek yang tidak mudah basi. Jawabannya, resep sambal geprek yang awet adalah jawaban atas semua pertanyaan tersebut. Dengan mengikuti resep ini, kamu bisa membuat sambal geprek yang enak, pedas, dan tahan lama.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Yang Awet ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :