Resep Sambal Geprek Tanpa Bawang

Posted on

Resep Sambal Geprek Tanpa Bawang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Geprek Tanpa Bawang

Kamu yang suka makan sambal geprek pasti tahu betapa pentingnya bawang merah dan bawang putih dalam resep sambal geprek. Namun, bagaimana jika kamu tidak menyukai bawang? Jangan khawatir, kamu masih bisa membuat sambal geprek yang lezat tanpa bawang. Berikut adalah resep sambal geprek tanpa bawang yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal geprek, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai keriting merah
  • 3 buah tomat ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung memulai memasak sambal geprek. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cuci Bersih Semua Bahan

Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Pastikan tidak ada kotoran atau serangga yang menempel pada bahan-bahan tersebut.

2. Potong-potong Cabai dan Tomat

Potong-potong cabai rawit, cabai keriting, dan tomat menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah diuleg. Jangan lupa untuk membuang biji cabai rawit agar sambal tidak terlalu pedas.

3. Uleg Bahan-Bahan

Setelah semua bahan dipotong, uleg bawang putih terlebih dahulu sampai halus. Kemudian, masukkan cabai rawit, cabai keriting, dan tomat ke dalam ulekan. Uleg hingga semua bahan tercampur rata dan halus.

4. Tambahkan Gula dan Garam

Setelah semua bahan tercampur rata, tambahkan gula dan garam. Aduk kembali hingga gula dan garam tercampur rata dengan sambal.

5. Tumis Sambal

Setelah semua bahan tercampur rata, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis sambal hingga matang dan harum. Pastikan sambal tidak terlalu kering atau terlalu basah.

6. Sajikan

Setelah sambal geprek matang, kamu bisa langsung menyajikannya. Sambal geprek tanpa bawang siap disantap bersama dengan ayam goreng atau makanan kesukaanmu.

Itulah resep sambal geprek tanpa bawang yang bisa kamu coba di rumah. Meskipun tanpa bawang, sambal geprek ini tetap lezat dan pedas. Selamat mencoba!

Jawaban untuk people also ask:

1. Bisakah sambal geprek dibuat tanpa cabai?

Tentu saja tidak bisa. Cabai adalah bahan utama dalam sambal geprek, sehingga tidak mungkin membuat sambal geprek tanpa cabai.

2. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti bawang dalam sambal geprek?

Beberapa pengganti bawang yang bisa digunakan dalam sambal geprek antara lain bawang bombay, daun bawang, atau bawang prei. Namun, penggunaan bahan pengganti ini akan memberikan rasa yang sedikit berbeda dari sambal geprek asli yang menggunakan bawang merah dan bawang putih.

3. Apakah sambal geprek tanpa bawang lebih sehat?

Tidak selalu. Meskipun tanpa bawang, sambal geprek tetap mengandung banyak cabai dan minyak goreng yang tinggi kalori. Jadi, sebaiknya tetap konsumsi sambal geprek dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Tanpa Bawang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :