Resep Sambal Geprek Cabe Rawit

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Geprek Cabe Rawit salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Geprek Cabe Rawit

Kamu suka makan makanan pedas? Bagi para pecinta makanan pedas, sambal geprek cabe rawit pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Sambal yang satu ini memang sedang banyak digemari karena rasanya yang pedas dan nikmat. Tertarik untuk mencobanya? Berikut adalah resep sambal geprek cabe rawit yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal geprek cabe rawit, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 200 gram cabe rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal geprek cabe rawit:

1. Cuci bersih cabe rawit merah

Pertama-tama, cuci bersih cabe rawit merah dengan air mengalir. Pastikan semua kotoran dan debu sudah hilang dari cabe rawit.

2. Iris bawang putih

Setelah itu, iris bawang putih menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dihaluskan.

3. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Tunggu hingga minyak goreng panas sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Tumis bawang putih dan daun jeruk

Masukkan bawang putih dan daun jeruk ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Tumis hingga harum dan bawang putih berubah warna menjadi kecoklatan.

5. Masukkan cabe rawit merah

Setelah bawang putih dan daun jeruk sudah harum, masukkan cabe rawit merah ke dalam wajan. Aduk rata dan masak sekitar 5-10 menit hingga cabe rawit merah menjadi layu dan matang.

6. Angkat dan tiriskan

Setelah cabe rawit merah sudah matang, angkat dan tiriskan agar minyak tersisa bisa terbuang.

7. Haluskan semua bahan

Setelah cabe rawit merah sudah dingin, haluskan semua bahan (cabe rawit merah, bawang putih, daun jeruk, garam, dan gula pasir) menggunakan blender atau ulekan hingga halus dan tercampur rata.

8. Geprek sambal

Siapkan sambal geprek dengan menempatkan sambal yang sudah dihaluskan tadi di sebuah wadah. Lalu geprek dengan menggunakan ulekan hingga sambal terlihat sedikit tampak kasar.

9. Sajikan

Sambal geprek cabe rawit siap disajikan. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti ayam atau tahu untuk menikmatinya.

Tips Membuat Sambal Geprek Cabe Rawit yang Lebih Nikmat

Agar sambal geprek cabe rawit yang kamu buat lebih nikmat, kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti air jeruk nipis atau kecap manis. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit air pada saat menghaluskan bahan agar sambal tidak terlalu kering.

Jika kamu ingin membuat sambal geprek cabe rawit yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit merah yang lebih banyak. Namun, pastikan kamu masih bisa menikmati pedasnya sambal tersebut.

People also ask, apakah sambal geprek cabe rawit ini sulit untuk dibuat? Tidak, sebenarnya sambal geprek cabe rawit sangat mudah untuk dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan tingkat kepedasan sambal sesuai dengan selera kamu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Cabe Rawit ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :