Resep Sambal Dabu-Dabu Ikan Bakar

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Dabu-Dabu Ikan Bakar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Dabu-Dabu Ikan Bakar

Kamu sedang mencari resep sambal dabu-dabu ikan bakar yang enak dan mudah untuk dibuat? Berikut ini adalah resep yang dapat kamu coba di rumah. Dabu-dabu adalah sambal khas dari Sulawesi Utara yang terkenal dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal ini cocok dijadikan saus pelengkap untuk ikan bakar atau makanan laut lainnya.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal dabu-dabu ikan bakar, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe keriting merah
  • 5 buah tomat hijau
  • 3 buah bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat

Berikut langkah-langkah untuk membuat sambal dabu-dabu ikan bakar:

1. Haluskan cabe dan tomat

Cuci bersih cabe dan tomat. Iris tipis cabe dan potong dadu tomat. Haluskan cabe dan tomat dengan menggunakan blender atau cobek dan uleg.

2. Tambahkan bawang putih

Kupas bawang putih dan haluskan. Campurkan dengan cabe dan tomat yang sudah dihaluskan tadi.

3. Beri perasa

Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya ke dalam adonan sambal. Squeeze jeruk nipis dan campurkan dengan adonan sambal. Aduk rata.

4. Ikan bakar

Bersihkan ikan yang akan dibakar. Lumuri ikan dengan sambal dabu-dabu yang sudah dibuat tadi. Bakar ikan hingga matang. Sajikan ikan bakar dengan sambal dabu-dabu.

Tips

Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu dapat menambahkan daun kemangi atau daun bawang yang sudah diiris tipis ke dalam adonan sambal.

People also ask tentang resep sambal dabu-dabu ikan bakar:

1. Apa itu sambal dabu-dabu?

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas dari Sulawesi Utara yang terbuat dari cabe rawit, tomat hijau, dan bawang putih yang dihaluskan dan dicampur dengan jeruk nipis, garam, dan gula pasir.

2. Apa yang cocok dijadikan saus pelengkap untuk ikan bakar?

Sambal dabu-dabu sangat cocok dijadikan saus pelengkap untuk ikan bakar atau makanan laut lainnya karena rasa pedas dan segarnya yang dapat menambah selera makan.

3. Bagaimana cara membuat sambal dabu-dabu?

Untuk membuat sambal dabu-dabu, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti cabe rawit, tomat hijau, bawang putih, jeruk nipis, garam, dan gula pasir. Haluskan cabe dan tomat, tambahkan bawang putih, beri perasa, dan aduk rata.

4. Apa tips untuk membuat sambal dabu-dabu ikan bakar yang enak?

Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu dapat menambahkan daun kemangi atau daun bawang yang sudah diiris tipis ke dalam adonan sambal. Selain itu, pastikan ikan yang akan dibakar sudah bersih dan sambal dabu-dabu sudah merata di seluruh permukaan ikan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Dabu-Dabu Ikan Bakar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :