Resep Sambal Dabu Dabu Enak

Posted on

Resep Sambal Dabu Dabu Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Dabu Dabu Enak

Kamu suka makan pedas? Jika iya, kamu pasti tidak asing dengan sambal dabu-dabu. Sambal khas Manado ini sangat terkenal dengan rasa pedas dan segarnya. Di samping itu, sambal dabu-dabu juga mudah dibuat dan cocok untuk dijadikan pelengkap berbagai jenis makanan. Ingin tahu resep sambal dabu-dabu enak? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Cara membuat sambal dabu-dabu

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Cuci bersih semua bahan

Pertama, kamu harus mencuci semua bahan yang akan digunakan untuk membuat sambal dabu-dabu. Pastikan tidak ada kotoran atau bahan tambahan yang tidak diinginkan pada bahan-bahan tersebut.

Langkah 2: Potong bahan sesuai selera

Setelah dicuci, potong bahan-bahan tersebut sesuai dengan keinginanmu. Misalnya, potong cabai rawit dan cabai merah besar menjadi beberapa bagian atau iris tipis bawang putih dan tomat.

Langkah 3: Tumbuk bahan menggunakan cobek

Setelah semua bahan dipotong, tumbuk bahan tersebut menggunakan cobek. Pastikan semua bahan tercampur rata dan tidak ada yang terlalu halus atau terlalu kasar.

Langkah 4: Beri perasan jeruk nipis dan garam

Setelah semua bahan tercampur rata, beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur merata.

Langkah 5: Sajikan sambal dabu-dabu

Setelah semua bahan diaduk rata, sambal dabu-dabu siap untuk dihidangkan. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi, ikan, atau makanan lain sesuai dengan selera.

Jangan lupa, sambal dabu-dabu enak juga bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Sehingga, kamu bisa menikmati sambal dabu-dabu kapan saja tanpa harus membuatnya dari awal.

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal dabu-dabu yang pedas?

Jawaban: Untuk membuat sambal dabu-dabu yang pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah besar sesuai dengan selera. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi sambal dabu-dabu yang sudah diaduk rata sebelum disajikan, agar kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Dabu Dabu Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :