Resep Sambal Cumi Kering Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Kering Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Kering Pedas

Kamu yang suka pedas pasti suka dengan sambal cumi kering pedas. Sambal ini cocok sekali untuk kamu yang suka makanan pedas dan gurih. Berikut adalah resep sambal cumi kering pedas yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram cumi kering
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kaldu jamur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Pertama-tama, rendam cumi kering dalam air selama 30 menit hingga empuk. Setelah itu, tiriskan dan potong-potong cumi menjadi ukuran kecil.

Langkah pertama:

Haluskan bawang putih dan cabai merah keriting menggunakan blender atau ulekan. Iris tipis bawang bombay. Pisahkan cabai rawit dari tangkainya.

Langkah kedua:

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan cabai rawit. Aduk rata hingga bumbu matang dan harum.

Langkah ketiga:

Masukkan cumi kering ke dalam wajan. Aduk rata hingga cumi tercampur dengan bumbu. Tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu jamur. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan cumi kering menjadi kering dan renyah.

Langkah keempat:

Angkat sambal cumi kering pedas dari wajan dan sajikan.

Itulah resep sambal cumi kering pedas yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Bagaimana cara memilih cumi kering yang baik?

Untuk memilih cumi kering yang baik, pastikan cumi kering sudah bersih dan tidak tercampur dengan bagian lain seperti kepala dan tulang. Pilih cumi kering yang masih terlihat segar dan tidak banyak keriput.

2. Apakah cumi kering bisa diganti dengan cumi segar?

Tentu saja bisa, namun rasa dan tekstur sambal akan berbeda dengan menggunakan cumi kering. Cumi kering memberikan rasa dan tekstur yang lebih gurih dan renyah pada sambal cumi kering pedas.

3. Apakah sambal cumi kering pedas bisa disimpan dalam waktu lama?

Bisa, sambal cumi kering pedas dapat disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan dalam lemari pendingin selama 1-2 minggu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Kering Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :