Resep Sambal Cumi Asin Pete Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Asin Pete Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Asin Pete Tahan Lama

Koki Profesional: Resep Sambal Cumi Asin Pete Tahan Lama Sambal cumi asin pete adalah salah satu hidangan yang sangat lezat dan populer di Indonesia. Hidangan yang pedas dan gurih ini cocok untuk disajikan sebagai pelengkap nasi putih atau sebagai bumbu tambahan untuk memperkaya rasa makanan lain. Dalam artikel ini, saya akan berbagi resep sambal cumi asin pete tahan lama yang mudah dan praktis untuk diikuti.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal cumi asin pete, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: 1. 500 gram cumi asin 2. 250 gram kacang panjang, dipotong-potong 3. 150 gram pete, dibelah dua 4. 10 buah cabai merah keriting, iris tipis 5. 5 buah cabai rawit merah, iris tipis 6. 10 butir bawang merah, iris tipis 7. 5 siung bawang putih, cincang halus 8. 2 lembar daun salam 9. 2 batang serai, memarkan 10. 2 cm lengkuas, memarkan 11. 1 sendok makan gula pasir 12. 1 sendok makan air asam jawa 13. 1 sendok teh garam 14. 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat sambal cumi asin pete. Berikut adalah cara membuatnya: 1. Pertama-tama, cuci bersih cumi asin dan rendam dalam air selama 30 menit hingga garamnya keluar. Setelah itu, tiriskan dan potong-potong kecil. 2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 3. Masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah, aduk-aduk hingga layu. 4. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas, aduk-aduk hingga harum. 5. Masukkan cumi asin dan aduk-aduk hingga rata. 6. Tambahkan kacang panjang dan pete, aduk-aduk hingga rata. 7. Tambahkan gula pasir, garam, dan air asam jawa, aduk-aduk hingga rata. 8. Masak dengan api kecil hingga semua bahan matang dan meresap. 9. Angkat dan sajikan.

Tips dan Trik

1. Pilih cumi asin yang berkualitas baik dengan kadar garam yang pas. 2. Jangan terlalu lama merendam cumi asin dalam air, karena bisa membuatnya terlalu lembek. 3. Jangan membuang kulit pete, karena bisa menambah cita rasa dan aroma yang khas pada sambal cumi asin pete. 4. Tambahkan gula pasir dan air asam jawa secukupnya agar sambal memiliki rasa yang seimbang. 5. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak goreng, cukup secukupnya saja agar sambal tidak terlalu berminyak.

People Also Ask

1. Apakah sambal cumi asin pete tahan lama? – Ya, sambal cumi asin pete dapat tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. 2. Apakah kacang panjang dan pete wajib digunakan dalam resep ini? – Tidak, Anda bisa mengganti dengan sayuran atau bahan lain sesuai selera. 3. Apakah sambal cumi asin pete harus pedas? – Tergantung selera, Anda bisa menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. 4. Apakah sambal cumi asin pete bisa dijadikan lauk? – Ya, sambal cumi asin pete cocok dijadikan lauk yang lezat dan bergizi. 5. Bagaimana cara menyimpan sambal cumi asin pete yang sudah jadi? – Sambal cumi asin pete bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama beberapa hari atau di dalam freezer untuk penyimpanan yang lebih lama.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Asin Pete Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :