Resep Sambal Cireng Pedas Manis

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cireng Pedas Manis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cireng Pedas Manis

Ketika kita mendengar kata “cireng”, pasti yang terlintas di benak kita adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng dengan bentuk seperti batang. Cireng memang sangat populer di Indonesia, dan biasanya disajikan dengan sambal sebagai pelengkapnya. Namun, kali ini kita akan membahas resep sambal cireng pedas manis yang bisa membuat cirengmu lebih nikmat!

Bahan-bahan

Sebelum kita masuk ke tahap pembuatan sambal cireng pedas manis, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm gula merah
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, maka kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut untuk membuat sambal cireng pedas manis yang lezat:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang telah disebutkan di atas dan cuci bersih. Potong-potong cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat agar lebih mudah dihaluskan.

2. Tumis Bahan-bahan

Panaskan minyak goreng di atas wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan cabai dan tomat, serta tambahkan sedikit air agar bahan-bahan tersebut tidak terlalu kering.

3. Tambahkan Garam dan Gula Merah

Tambahkan garam dan gula merah ke dalam tumisan bahan-bahan tersebut. Aduk rata dan biarkan hingga gula merah larut sempurna.

4. Blender Bahan-bahan

Setelah bahan-bahan matang dan gula merah larut, pindahkan tumisan tersebut ke dalam blender. Haluskan bahan-bahan hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama menghaluskan agar tekstur sambal tetap agak kasar.

5. Tambahkan Air Jeruk Nipis

Setelah bahan-bahan halus, tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata. Air jeruk nipis berfungsi untuk memberikan rasa segar pada sambal dan juga membuat sambal lebih tahan lama.

6. Masak Sambal

Setelah semua bahan tercampur rata, panaskan kembali wajan dan masukkan sambal yang telah diblender. Tambahkan sedikit air agar sambal tidak terlalu kental. Masak sambal hingga matang dan mengeluarkan aroma yang harum.

7. Sajikan

Setelah sambal matang, angkat dari wajan dan sajikan dalam mangkuk kecil. Sambal cireng pedas manis siap dinikmati.

Penyajian

Sambal cireng pedas manis ini sangat cocok disajikan sebagai pelengkap cireng, bakso, atau makanan lainnya yang kamu suka. Kamu juga bisa menyimpan sambal ini dalam wadah kedap udara di dalam kulkas agar lebih awet.

People also ask, apakah sambal cireng pedas manis ini cocok untuk orang yang tidak suka makanan pedas? Jawabannya adalah tergantung selera. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit dan cabai merah keriting yang digunakan. Namun, pastikan tetap menambahkan gula merah agar sambal tetap memiliki rasa yang enak. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cireng Pedas Manis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :