Resep Sambal Belut Cabe Ijo

Posted on

Resep Sambal Belut Cabe Ijo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Belut Cabe Ijo

Kamu adalah koki profesional yang ingin mencoba membuat sambal belut cabe ijo? Berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum membuat sambal belut cabe ijo, kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Belut

Belut adalah bahan utama dalam sambal belut cabe ijo. Kamu bisa membeli belut segar di pasar atau supermarket terdekat. Jangan lupa membersihkan belut terlebih dahulu sebelum digunakan. Cuci dengan air mengalir hingga bersih.

2. Cabe ijo

Cabe ijo adalah bahan utama dalam sambal belut cabe ijo. Kamu bisa memilih cabe ijo yang masih segar dan berwarna hijau cerah. Potong-potong cabe ijo menjadi bagian kecil agar lebih mudah dihaluskan.

3. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah adalah bahan yang wajib ada dalam setiap masakan Indonesia, termasuk sambal belut cabe ijo. Iris bawang putih dan bawang merah tipis-tipis agar lebih mudah dihaluskan.

4. Tomat

Tomat bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam sambal belut cabe ijo. Potong tomat menjadi bagian kecil agar lebih mudah dihaluskan.

5. Gula merah

Gula merah bisa digunakan untuk memberikan rasa manis pada sambal belut cabe ijo. Potong gula merah menjadi bagian kecil agar lebih mudah dihaluskan.

6. Garam

Garam digunakan sebagai penyedap rasa dalam sambal belut cabe ijo. Kamu bisa menyesuaikan jumlah garam sesuai dengan selera.

7. Air jeruk nipis

Air jeruk nipis bisa digunakan untuk memberikan rasa segar pada sambal belut cabe ijo. Kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis saat menghaluskan bahan-bahan.

8. Minyak goreng

Minyak goreng digunakan untuk menumis bahan-bahan dalam sambal belut cabe ijo. Kamu bisa menggunakan minyak goreng secukupnya.

Cara membuat sambal belut cabe ijo

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuat sambal belut cabe ijo dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Haluskan bahan-bahan

Pertama-tama, kamu harus menghaluskan bawang putih, bawang merah, cabe ijo, dan tomat menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air jeruk nipis saat menghaluskan bahan-bahan agar lebih mudah dihaluskan.

2. Tumis bahan-bahan

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan gula merah dan garam sesuai dengan selera.

3. Masukkan belut

Setelah bahan-bahan sudah matang, masukkan belut ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga belut tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

4. Tes rasa

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tes rasa sambal belut cabe ijo. Jika kurang garam atau manis, kamu bisa menambahkan garam atau gula merah sesuai dengan selera.

5. Angkat dan sajikan

Setelah sambal belut cabe ijo sudah matang dan pas dengan selera, angkat dan sajikan dalam piring saji. Sambal belut cabe ijo siap dinikmati bersama dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

People Also Ask

1. Apakah sambal belut cabe ijo pedas?

Iya, sambal belut cabe ijo memiliki rasa yang pedas. Namun, tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan jumlah cabe yang digunakan.

2. Bagaimana cara memilih belut yang baik?

Untuk memilih belut yang baik, kamu bisa memilih belut yang masih segar dan tidak berbau amis. Pilih belut yang kulitnya masih lengket dan bersih.

3. Apa saja lauk yang cocok disajikan dengan sambal belut cabe ijo?

Sambal belut cabe ijo cocok disajikan dengan lauk-pauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau sayur tumis.

4. Apakah sambal belut cabe ijo bisa disimpan dalam kulkas?

Iya, sambal belut cabe ijo bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Simpan dalam wadah tertutup agar tidak cepat basi.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Belut Cabe Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :