Resep Sambal Bawang Daun Jeruk Purut

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Daun Jeruk Purut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Daun Jeruk Purut

Resep Sambal Bawang Daun Jeruk Purut Sambal bawang daun jeruk purut merupakan salah satu jenis sambal yang memiliki rasa yang sangat khas, segar dan aromatik. Sambal ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi, mie, atau bahkan sebagai bumbu untuk masakan. Berikut adalah resep sambal bawang daun jeruk purut yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum membuat sambal bawang daun jeruk purut, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang akan digunakan: – 5 siung bawang merah – 2 siung bawang putih – 5 buah cabai merah keriting – 3 buah cabai rawit merah – 1 buah tomat – 2 lembar daun jeruk purut – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh gula pasir – 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal bawang daun jeruk purut: 1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Kemudian iris bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah secara tipis. 2. Potong tomat menjadi kecil-kecil. 3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. 4. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 5. Tambahkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah ke dalam wajan, kemudian tumis hingga layu. 6. Masukkan tomat dan daun jeruk purut, aduk hingga tomat layu. 7. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata. 8. Angkat sambal bawang daun jeruk purut dari wajan, dan biarkan dingin. 9. Setelah dingin, blender atau haluskan sambal bawang daun jeruk purut menggunakan blender atau alat penghalus lainnya. 10. Sambal bawang daun jeruk purut siap disajikan.

Tips Membuat Sambal Bawang Daun Jeruk Purut yang Lezat

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat sambal bawang daun jeruk purut yang lezat: 1. Gunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas baik. 2. Untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. 3. Agar sambal bawang daun jeruk purut tidak terlalu pekat, kamu bisa menambahkan air matang pada saat proses pencampuran.

Sambal Bawang Daun Jeruk Purut sebagai Bumbu Masakan

Selain sebagai pelengkap makanan, sambal bawang daun jeruk purut juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Kamu bisa menambahkan sambal ini pada berbagai jenis masakan seperti sayur, ikan, ayam, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sambal bawang daun jeruk purut sebagai bumbu masakan, maka rasa masakanmu akan menjadi lebih nikmat dan segar. People also ask, apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bawang daun jeruk purut? Bagaimana cara membuat sambal bawang daun jeruk purut yang enak? Apa saja tips dalam membuat sambal bawang daun jeruk purut? Apakah sambal bawang daun jeruk purut bisa digunakan sebagai bumbu masakan? Untuk membuat sambal bawang daun jeruk purut, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, tomat, daun jeruk purut, garam, gula pasir, dan minyak goreng. Cara membuatnya adalah dengan menumis bahan-bahan, menambahkan garam dan gula pasir, dan kemudian dihaluskan. Tips dalam membuat sambal bawang daun jeruk purut adalah menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas baik, menambahkan cabai rawit untuk rasa pedas, dan menambahkan air matang pada saat proses pencampuran. Sambal bawang daun jeruk purut juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambahkan rasa yang segar dan nikmat pada masakan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Daun Jeruk Purut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :