Resep Sambal Balado Yang Paling Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Balado Yang Paling Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Balado Yang Paling Enak

Koki profesional pastinya mengerti bagaimana cara memasak masakan yang enak dan lezat. Salah satu masakan yang sangat terkenal di Indonesia adalah sambal balado. Sambal balado ini memang sangat menggugah selera dan bisa membuat lidah bergoyang. Apalagi jika sambal balado ini dibuat dengan resep yang paling enak. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang resep sambal balado yang paling enak.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sambal balado yang enak, tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan-bahan Utama

1. Cabai merah keriting 250 gram

2. Bawang merah 10 siung

3. Bawang putih 5 siung

4. Tomat 2 buah besar

5. Gula pasir 2 sendok makan

6. Garam 1 sendok makan

7. Air asam jawa 1 sendok makan

8. Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan Pelengkap

1. Kerupuk

2. Lalapan

3. Nasi putih

Cara Membuat Sambal Balado yang Paling Enak

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, maka kita bisa mulai membuat sambal balado yang paling enak. Berikut ini adalah cara membuatnya:

1. Pertama-tama, potong-potong cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Kemudian, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

2. Masukkan cabai merah keriting dan tomat yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Tambahkan garam dan gula pasir, lalu aduk rata.

3. Setelah itu, masukkan air asam jawa ke dalam tumisan cabai merah keriting dan tomat. Aduk rata dan masak hingga cabai dan tomat menjadi empuk.

4. Angkat sambal balado dari wajan dan biarkan dingin sejenak.

5. Setelah itu, blender sambal balado hingga halus. Jangan terlalu halus agar masih terasa gigitannya.

6. Tumis kembali sambal balado yang telah diblender hingga agak kering. Tujuannya agar sambal balado menjadi lebih kental dan terasa lebih nikmat.

7. Setelah sambal balado matang, angkat dan sajikan dengan kerupuk, lalapan, dan nasi putih.

Tips Membuat Sambal Balado yang Enak

Agar sambal balado yang dibuat menjadi lebih enak dan lezat, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Gunakan cabai merah keriting yang sudah masak agar sambal balado tidak terlalu pedas.

2. Tambahkan sedikit air asam jawa agar sambal balado tidak terlalu kental dan lebih terasa segar.

3. Tumis sambal balado hingga agak kering agar sambal balado lebih kental dan terasa lebih nikmat.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak goreng agar sambal balado tidak terlalu berminyak.

5. Gunakan bahan-bahan yang segar untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.

Sambal balado memang sangat enak dan nikmat. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin tahu tentang resep sambal balado yang paling enak. Sebenarnya, tidak ada resep yang paling enak karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Namun, dengan mengikuti resep di atas dan tips yang telah disebutkan, dijamin sambal balado yang dibuat akan sangat enak dan lezat.

People also ask: Apa yang membuat sambal balado enak?

Jawaban: Ada beberapa faktor yang membuat sambal balado menjadi enak, antara lain kecocokan rasa pedas, manis, dan asam, serta konsistensi sambal yang pas. Selain itu, penggunaan bahan-bahan yang segar juga dapat mempengaruhi rasa dan aroma dari sambal balado.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Balado Yang Paling Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :