Resep Sambal Balado Ati Ampela

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Balado Ati Ampela salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Balado Ati Ampela

Kamu yang suka dengan makanan pedas pasti tidak asing dengan sambal balado. Sambal ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat dan terkenal dengan rasa pedas dan gurihnya. Namun, kali ini kami akan berbagi resep sambal balado ati ampela yang tentu saja tidak kalah enaknya. Ati ampela sendiri adalah jantung dan limpa ayam yang biasa diolah sebagai makanan. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal balado ati ampela, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Ati ampela ayam sebanyak 500 gram, bersihkan dan potong-potong kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

  • Bawang merah sebanyak 8 butir
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Cabe merah keriting sebanyak 15 buah
  • Cabe rawit sebanyak 10 buah (tambahkan atau kurangi sesuai selera)
  • Terasi sebanyak 1 sendok makan
  • Gula merah sebanyak 1 sendok makan
  • Tomat sebanyak 2 buah, potong-potong kecil
  • Jahe sebanyak 1 ruas jari, kupas dan iris tipis
  • Kunyit sebanyak 2 ruas jari, kupas dan iris tipis

Cara membuat bumbu halus

Pertama-tama, siapkan blender atau cobek untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut. Haluskan bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu, lalu tambahkan cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, gula merah, tomat, jahe, dan kunyit. Haluskan semua bahan hingga halus dan tercampur rata.

Cara membuat sambal balado ati ampela

Setelah bumbu halus siap, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, lalu masukkan ati ampela yang sudah dipotong-potong kecil. Aduk rata dan masak hingga ati ampela berubah warna dan matang.

Tambahkan sedikit air matang dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan sambal balado ati ampela matang hingga meresap dan bumbu tercampur rata. Setelah itu, angkat dan sajikan.

Sambal balado ati ampela siap disajikan sebagai pelengkap nasi, lauk, ataupun camilan. Rasa pedas dan gurih yang khas akan membuat kamu ketagihan. Selamat mencoba!

Jika kamu masih ingin mengetahui lebih banyak tentang sambal balado ati ampela, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang:

1. Apakah ati ampela ayam bisa diganti dengan jenis daging lain?

Jawabannya, tentu saja bisa. Kamu bisa mengganti ati ampela ayam dengan daging sapi, daging kambing, atau bahkan ikan. Namun, pastikan kamu memilih jenis daging yang sesuai dan daging tersebut bisa dipotong-potong kecil agar mudah diolah.

2. Bagaimana cara membuat sambal balado yang lebih pedas?

Jawabannya, kamu bisa menambahkan jumlah cabe rawit atau menggunakan jenis cabe yang lebih pedas seperti cabe merah besar atau cabe hijau. Namun, pastikan kamu menyesuaikan dengan selera dan jangan sampai terlalu pedas hingga tidak bisa dinikmati.

3. Apakah sambal balado ati ampela bisa disimpan dalam waktu lama?

Jawabannya, bisa. Kamu bisa menyimpan sambal balado ati ampela dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Namun, pastikan kamu menghangatkannya terlebih dahulu sebelum disajikan kembali.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sambal balado ati ampela. Jangan ragu untuk mencoba resepnya dan nikmati sensasi pedas dan gurihnya. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Balado Ati Ampela ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :