Resep Sambal Bajak Asam Jawa

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bajak Asam Jawa salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bajak Asam Jawa

Kamu yang suka dengan makanan pedas pasti tidak akan melewatkan sambal dalam setiap hidanganmu. Sambal merupakan bumbu pelengkap yang sangat khas dari Indonesia. Salah satu jenis sambal yang sangat terkenal adalah sambal bajak asam jawa. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan unik, sangat cocok untuk kamu yang menyukai rasa pedas yang segar. Berikut ini adalah resep sambal bajak asam jawa yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal bajak asam jawa, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 200 gr cabai rawit merah
  • 100 gr cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 1 buah tomat
  • 2 buah asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan telah tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal bajak asam jawa. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang sudah kamu persiapkan dan cuci bersih. Iris-iris cabai rawit merah, cabai merah, bawang putih, bawang merah, kencur, dan tomat.

2. Tumis Bumbu Halus

Tumis bumbu halus yang terdiri dari cabai rawit merah, cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan kencur. Tumis hingga harum dan matang.

3. Masukkan Tomat dan Asam Jawa

Setelah itu, masukkan irisan tomat dan asam jawa ke dalam wajan. Aduk hingga merata dan matang.

4. Tambahkan Garam dan Gula Pasir

Selanjutnya, tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk hingga merata dan masak hingga matang selama kurang lebih 10 menit.

5. Angkat dan Blender

Setelah matang, angkat sambal bajak asam jawa dan blender hingga halus.

6. Tumis Kembali

Setelah diblender, tumis kembali sambal bajak asam jawa dengan minyak goreng secukupnya selama kurang lebih 10 menit. Aduk hingga merata dan matang.

7. Sambal Bajak Asam Jawa Siap Disajikan

Sambal bajak asam jawa siap disajikan sebagai pelengkap hidanganmu.

Resep Sambal Bajak Asam Jawa Selesai

Sambal bajak asam jawa yang pedas, segar, dan asam ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih dan lauk pauk favoritmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sambal ini ke dalam mie ataupun sebagai olesan pada roti bakar. Selamat mencoba!

People also ask, apa itu asam jawa? Asam jawa adalah buah yang memiliki rasa yang sangat asam dan sering digunakan sebagai bahan dasar dalam masakan Indonesia.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bajak Asam Jawa ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :