Resep Sambal Ayam Penyet Bu Kris

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ayam Penyet Bu Kris salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ayam Penyet Bu Kris

Kamu adalah seorang koki profesional dan kali ini kamu akan membagikan resep sambal ayam penyet bu Kris yang sudah terkenal enak di kota asalnya. Ini adalah resep yang memiliki rasa pedas, manis, dan gurih yang sempurna untuk disajikan bersama dengan nasi putih dan sayuran segar. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal ayam penyet bu Kris, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 1 ekor ayam potong 8
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 10 buah cabe rawit merah, haluskan
  • 5 buah cabe merah besar, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh terasi matang, bakar
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Ayam Penyet Bu Kris

Setelah semua bahan-bahan siap, kamu bisa mulai membuat sambal ayam penyet bu Kris dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Goreng Ayam

Pertama-tama, goreng ayam hingga matang dan kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

2. Haluskan Bahan-Bahan

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe merah besar, dan terasi matang yang sudah dibakar. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajan. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum.

4. Masukkan Ayam

Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan yang berisi bumbu. Aduk rata hingga ayam terbalut bumbu.

5. Tambahkan Gula Merah, Garam, dan Air Jeruk Nipis

Tambahkan gula merah, garam, dan air jeruk nipis ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.

6. Penyet Ayam

Penyet ayam dengan menggunakan ulekan atau alat penyet yang biasa digunakan. Hal ini bertujuan agar ayam menjadi lebih empuk dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

7. Sajikan dengan Nasi Putih dan Sayuran Segar

Sambal ayam penyet bu Kris siap disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar seperti timun dan kubis. Nikmati dengan segera selagi masih panas.

Tips Tambahan

Untuk mendapatkan hasil sambal ayam penyet yang lebih enak, kamu bisa menambahkan daun jeruk dan serai saat menumis bumbu halus. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit air ke dalam wajan jika bumbu terlalu kering. Jangan lupa untuk memilih ayam yang segar dan berkualitas agar hasilnya lebih enak dan gurih.

Jawaban atas pertanyaan People Also Ask: Bagaimana cara membuat ayam penyet yang empuk?

Untuk membuat ayam penyet yang empuk, kamu bisa merendam ayam terlebih dahulu dalam air garam selama 30 menit sebelum digoreng. Setelah itu, pastikan ayam digoreng dengan minyak yang cukup panas dan digoreng hingga matang kecoklatan. Jangan lupa untuk membalik ayam agar matang secara merata. Setelah ayam matang, penyet ayam dengan alat penyet atau ulekan agar daging ayam menjadi lebih empuk dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Penyet Bu Kris ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :