Resep Sambal Ayam Geprek Ala Bensu

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ayam Geprek Ala Bensu salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ayam Geprek Ala Bensu

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin membagikan resep sambal ayam geprek ala bensu yang enak dan mudah dibuat. Sambal ayam geprek adalah salah satu hidangan yang sedang populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Resep ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba memasak hidangan yang sederhana namun enak dan lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram dada ayam, potong-potong
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh merica
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat sambal ayam geprek

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal ayam geprek ala bensu yang enak dan lezat:

1. Marinasi Ayam

Campurkan potongan ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan merica. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit.

2. Balur Ayam

Campurkan tepung terigu dan maizena dalam sebuah wadah. Gulingkan potongan ayam yang sudah dimarinasi ke dalam campuran tepung hingga terbalut rata.

3. Goreng Ayam

Goreng potongan ayam yang sudah dibalur dengan tepung hingga kuning kecoklatan. Tiriskan.

4. Geprek Ayam

Panggang atau goreng cabai merah dan bawang putih hingga layu. Kemudian haluskan dengan blender atau ulekan. Tambahkan garam dan gula secukupnya.

5. Sajikan Ayam Geprek dengan Sambal

Sajikan ayam geprek dengan sambal yang sudah dihaluskan tadi. Kamu juga bisa menambahkan tomat, mentimun dan daun seledri untuk penyajian.

Penutup

Sambal ayam geprek ala bensu siap disajikan dan dinikmati. Resep ini sangat mudah diikuti dan bisa kamu coba di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah cabai yang digunakan sesuai dengan selera. Nikmati hidangan yang enak dan lezat ini bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang resep sambal ayam geprek antara lain: bagaimana cara membuat ayam geprek yang renyah, apakah bisa menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu, dan apakah harus menggunakan air jeruk nipis. Untuk membuat ayam geprek yang renyah, pastikan kamu menggoreng ayam dengan minyak yang cukup panas dan jangan terlalu lama. Kamu bisa menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu, namun akan memberikan hasil yang sedikit berbeda. Sedangkan air jeruk nipis digunakan untuk memberikan rasa segar pada daging ayam dan membantu mempercepat proses pengempukan. Namun, kamu bisa mengganti dengan bahan lain yang memiliki efek yang sama seperti cuka atau asam jawa.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Geprek Ala Bensu ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :