Resep Sambal Ayam Bakar Enak Sederhana

Posted on

Resep Sambal Ayam Bakar Enak Sederhana salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Ayam Bakar Enak Sederhana

Koki profesional pasti tahu bahwa sambal ayam bakar adalah salah satu hidangan yang paling disukai oleh banyak orang. Kombinasi rasa pedas dan manis pada ayam bakar yang disiram dengan sambal membuat lidah siapa saja terasa terpuaskan. Nah, jika kamu ingin mencoba membuat sambal ayam bakar enak sederhana di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal ayam bakar, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain: – 500 gram ayam fillet, potong sesuai selera – 10 buah cabai rawit, iris tipis – 5 buah cabai merah besar, buang bijinya dan iris tipis – 3 siung bawang putih, cincang halus – 1 buah tomat, potong dadu – 1 sendok makan gula pasir – 1 sendok teh garam – 2 sendok makan minyak goreng – 1 sendok makan air jeruk nipis – 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat sambal ayam bakar

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal ayam bakar. Berikut adalah cara membuatnya: 1. Pertama-tama, campurkan ayam fillet dengan garam, kecap manis, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. 2. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih hingga harum. 3. Masukkan cabai rawit dan cabai merah besar ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga cabai layu. 4. Tambahkan tomat dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi empuk. 5. Angkat sambal dari wajan dan biarkan dingin. 6. Bakar ayam fillet di atas panggangan atau teflon hingga matang. 7. Sajikan ayam bakar dengan sambal yang sudah dibuat sebelumnya.

Tips agar sambal ayam bakar lebih enak

Agar hasil sambal ayam bakar kamu lebih enak, ada beberapa tips yang bisa kamu coba: 1. Penggunaan cabai rawit dan cabai merah besar bisa disesuaikan dengan selera. Jika kamu ingin sambal ayam bakar lebih pedas, tambahkan jumlah cabai rawit. 2. Jangan terlalu banyak menggunakan gula pasir agar rasa pedas dan manis pada sambal terasa seimbang. 3. Gunakan ayam fillet agar mempermudah proses pengolahan dan mempercepat waktu memasak.

Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang sambal ayam bakar antara lain: 1. Apakah sambal ayam bakar ini pedas? Jawab: Ya, sambal ayam bakar ini memiliki rasa pedas yang khas. Namun, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit dan cabai merah besar sesuai dengan selera. 2. Bolehkah menggunakan ayam bagian lain selain fillet? Jawab: Tentu saja. Kamu bisa menggunakan ayam bagian lain seperti paha atau dada ayam. Namun, pastikan kamu memasaknya hingga matang sempurna. 3. Apakah sambal ayam bakar ini bisa disimpan dalam waktu yang lama? Jawab: Sambal ayam bakar ini bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya kamu memasaknya dalam jumlah yang secukupnya agar tidak menimbulkan kerugian.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Bakar Enak Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :