Resep Sambal Ati Telur Puyuh

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ati Telur Puyuh salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ati Telur Puyuh

Koki Profesional: Resep Sambal Ati Telur Puyuh Sambal ati telur puyuh adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Kombinasi antara ati ampela dan telur puyuh yang diolah dengan bumbu sambal membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Berikut ini adalah resep sambal ati telur puyuh yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

– 10 butir telur puyuh – 200 gram ati ampela ayam – 5 buah cabe merah besar – 10 buah cabe rawit – 5 siung bawang merah – 3 siung bawang putih – 2 lembar daun salam – 2 batang serai – 1 batang sereh – 1 buah tomat – 1 buah jeruk nipis – Garam secukupnya – Gula merah secukupnya – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Pertama-tama, rebus telur puyuh sampai matang dan kupas kulitnya. Sisihkan. 2. Selanjutnya, cuci bersih ati ampela ayam dan potong-potong sesuai selera. 3. Haluskan cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan. 4. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum. 5. Masukkan daun salam, serai, dan sereh yang sudah dimemarkan. Aduk rata. 6. Tambahkan ati ampela ayam ke dalam wajan dan aduk hingga rata. 7. Masukkan garam dan gula merah secukupnya. Aduk rata. 8. Tambahkan air secukupnya dan biarkan hingga bumbu meresap dan ati ampela ayam matang. 9. Setelah itu, masukkan telur puyuh yang sudah dikupas kulitnya ke dalam wajan dan aduk hingga rata. 10. Terakhir, tambahkan irisan tomat dan perasan jeruk nipis. Aduk rata dan angkat.

Tips

– Untuk membuat sambal ati telur puyuh yang pedas, gunakan lebih banyak cabe rawit. – Jika tidak suka pedas, kurangi jumlah cabe rawit atau hilangkan sama sekali. – Pastikan ati ampela ayam sudah dicuci bersih sebelum diolah. – Untuk hasil yang lebih lezat, gunakan gula merah asli.

Penutup

Sambal ati telur puyuh siap disajikan. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat dan lauk pauk lainnya. Selain itu, sambal ati telur puyuh juga dapat disajikan sebagai hidangan utama pada acara keluarga atau teman-teman. Semoga resep ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat hidangan yang lezat dan bergizi. Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang sambal ati telur puyuh, beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang adalah sebagai berikut: – Apakah sambal ati telur puyuh sulit untuk dibuat? – Apakah sambal ati telur puyuh bisa disimpan dalam waktu yang lama? – Apakah bahan-bahan untuk membuat sambal ati telur puyuh mudah ditemukan di pasar? – Apakah sambal ati telur puyuh lebih enak jika dimakan bersama nasi hangat? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sambal ati telur puyuh sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Selain itu, sambal ati telur puyuh juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama di dalam kulkas. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ati telur puyuh juga mudah ditemukan di pasar. Selain itu, sambal ati telur puyuh memang lebih enak jika dimakan bersama nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ati Telur Puyuh ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :