Resep Sambal Ati Ayam Pete

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ati Ayam Pete salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ati Ayam Pete

Koki profesional pasti tahu bahwa sambal adalah salah satu bumbu yang sangat penting dalam memasak. Kali ini saya akan berbagi resep sambal ati ayam pete yang pasti akan membuat lidah anda bergoyang. Dijamin, rasanya sangat pedas dan nikmat. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal ati ayam pete, pastikan anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 500 gram hati ayam, cuci bersih dan potong-potong kecil
  • 100 gram pete, belah dua
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan, kita bisa mulai membuat sambal ati ayam pete. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tumis bumbu halus

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum. Setelah itu, masukkan potongan hati ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga hati ayam berubah warna.

2. Tambahkan air

Tambahkan air secukupnya. Masak hingga hati ayam empuk dan air menyusut. Jangan lupa tambahkan gula dan garam secukupnya untuk memberi rasa pada sambal.

3. Masukkan pete

Setelah hati ayam matang, masukkan pete yang sudah dibelah dua ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga pete tercampur rata dengan hati ayam. Masak sebentar hingga pete sedikit layu.

4. Tambahkan tomat dan jeruk nipis

Tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil dan beri perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.

5. Sambal ati ayam pete siap disajikan

Sambal ati ayam pete siap disajikan. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apakah sambal ati ayam pete pedas?

Jawaban: Ya, sambal ati ayam pete memang memiliki rasa yang pedas. Namun, anda bisa mengatur jumlah cabai sesuai dengan selera anda.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat sambal ati ayam pete?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain hati ayam, pete, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk nipis, garam, gula, air, dan minyak goreng.

3. Bagaimana cara membuat sambal ati ayam pete yang enak?

Jawaban: Pertama, tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian, masukkan hati ayam dan aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan air, gula, dan garam secukupnya. Setelah itu, masukkan pete dan aduk-aduk hingga tercampur rata. Terakhir, tambahkan tomat dan perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ati Ayam Pete ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :