Resep Sambal Ati Ampela Simple

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ati Ampela Simple salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ati Ampela Simple

Kamu yang suka dengan hidangan pedas tentu tidak akan melewatkan hidangan yang satu ini, yaitu sambal ati ampela. Sambal ini terbuat dari hati dan ampela ayam yang dicampur dengan bumbu-bumbu pedas. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sambal ati ampela menjadi hidangan yang cocok untuk teman nasi. Berikut ini adalah resep sambal ati ampela simple yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal ati ampela, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Ati ampela ayam sebanyak 250 gram
  • Bawang merah sebanyak 8 buah
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Cabe merah keriting sebanyak 10 buah
  • Cabe rawit sebanyak 10 buah
  • Terasi sebanyak 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air matang sebanyak 300 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kamu bisa langsung membuat sambal ati ampela. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Bersihkan Ati Ampela

Pertama-tama, bersihkan ati ampela ayam dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian, potong ati ampela menjadi ukuran kecil.

2. Tumis Bumbu Halus

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit, dan terasi dengan blender. Setelah itu, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum.

3. Tambahkan Ati Ampela

Setelah bumbu halus sudah harum, tambahkan ati ampela yang sudah dipotong kecil. Aduk rata dan masak hingga ati ampela berubah warna.

4. Tambahkan Air

Tambahkan air matang ke dalam tumisan ati ampela. Aduk rata dan biarkan hingga air menyusut.

5. Tambahkan Garam dan Gula

Saat air sudah menyusut, tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan matang.

6. Sajikan

Setelah sambal ati ampela sudah matang, angkat dan sajikan dalam piring atau mangkuk kecil. Sambal ati ampela siap disajikan sebagai teman nasi.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal ati ampela yang kamu buat, dan tambahkan garam atau gula jika perlu sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

People Also Ask:

1. Apa sih sambal ati ampela itu?

Sambal ati ampela adalah hidangan dari bahan utamanya yaitu hati dan ampela ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu pedas.

2. Kenapa sambal ati ampela enak?

Sambal ati ampela enak karena hati dan ampela ayam yang gurih dipadukan dengan bumbu-bumbu pedas.

3. Bagaimana cara mengolah ati ampela agar enak?

Untuk mengolah ati ampela, bersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian, potong ati ampela kecil-kecil dan masak dengan bumbu-bumbu pedas hingga matang.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ati Ampela Simple ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :