Resep Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven Dan Mixer

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven Dan Mixer salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven Dan Mixer

Kue ulang tahun selalu menjadi hidangan yang spesial pada setiap perayaan ulang tahun. Namun, tidak semua orang memiliki oven atau mixer di rumah. Jangan khawatir, karena kali ini saya akan berbagi resep kue ulang tahun sederhana tanpa oven dan mixer. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara membuat yang simpel, Anda bisa membuat kue ulang tahun yang lezat dan istimewa untuk orang-orang tercinta.

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat kue ulang tahun, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 200 ml susu segar
  • 100 gram margarin atau butter, lelehkan
  • Essence sesuai selera (vanila, coklat, atau stroberi)
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat kue ulang tahun sederhana tanpa oven dan mixer ini. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Siapkan Wadah dan Alat

Pertama-tama, siapkan wadah besar dan spatula untuk mengaduk adonan. Pastikan wadah yang digunakan cukup besar, karena adonan akan mengembang saat dipanggang di dalam rice cooker.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Campurkan tepung terigu dan baking powder ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata menggunakan spatula.

3. Tambahkan Gula Pasir dan Telur

Tambahkan gula pasir dan telur ke dalam adonan tepung terigu secara bertahap. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

4. Tambahkan Susu Segar dan Margarin Cair

Tambahkan susu segar dan margarin cair ke dalam adonan secara bertahap. Aduk rata hingga adonan menjadi halus dan kental.

5. Tambahkan Essence dan Pewarna Makanan

Tambahkan essence sesuai selera dan pewarna makanan (jika menggunakan) ke dalam adonan. Aduk rata hingga warnanya merata.

6. Panaskan Rice Cooker

Panaskan rice cooker terlebih dahulu selama kurang lebih 5 menit. Pastikan rice cooker dalam keadaan tertutup.

7. Olesi Wadah Rice Cooker

Olesi wadah rice cooker dengan margarin atau butter secara merata. Tujuannya agar kue tidak lengket dan mudah dikeluarkan setelah matang.

8. Tuangkan Adonan ke Dalam Rice Cooker

Tuangkan adonan ke dalam wadah rice cooker secara merata. Pastikan adonan tidak sampai melebihi tanda air di dalam wadah, karena adonan akan mengembang saat dipanggang.

9. Panggang Adonan

Nyalakan rice cooker dan biarkan adonan dipanggang selama kurang lebih 45-60 menit. Jangan terlalu sering membuka tutup rice cooker, karena suhu dalam rice cooker akan turun dan adonan tidak matang sempurna.

10. Angkat dan Dinginkan

Setelah adonan matang, angkat wadah rice cooker dan keluarkan kue menggunakan spatula. Biarkan kue dingin terlebih dahulu sebelum diberi hiasan dan dipotong-potong.

Hiasan Kue Ulang Tahun

Untuk memberikan tampilan yang menarik pada kue ulang tahun, Anda bisa memberikan hiasan di atasnya. Beberapa hiasan yang bisa digunakan antara lain adalah:

  • Butter cream
  • Coklat leleh
  • Keju parut
  • Buah-buahan segar
  • Biskuit atau coklat chip

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, Anda bisa menciptakan kue ulang tahun sederhana tanpa oven dan mixer yang lezat dan cantik. Selamat mencoba!

Jawaban atas pertanyaan “people also ask” yang sering diajukan adalah:

1. Apakah kue ulang tahun tanpa oven dan mixer bisa dihasilkan dengan rasa yang sama seperti kue biasa?

Jawaban: Ya, kue ulang tahun tanpa oven dan mixer bisa dihasilkan dengan rasa yang sama seperti kue biasa jika bahan dan cara pembuatan yang tepat digunakan.

2. Apakah kue ulang tahun tanpa oven dan mixer bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawaban: Kue ulang tahun tanpa oven dan mixer bisa disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan di dalam kulkas atau dalam wadah kedap udara.

3. Apakah hanya rice cooker yang bisa digunakan untuk memanggang kue ulang tahun tanpa oven?

Jawaban: Tidak, Anda juga bisa menggunakan panci kukus atau wajan yang dilengkapi dengan tutup.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven Dan Mixer ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :