Resep Kue Putu Ayu Kukus Pandan Asli

Posted on

Resep Kue Putu Ayu Kukus Pandan Asli salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Putu Ayu Kukus Pandan Asli

Kue putu ayu kukus pandan asli adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini memiliki aroma pandan yang khas dan rasa yang manis serta lembut. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue putu ayu kukus pandan asli di rumah, berikut ini adalah resep yang bisa kamu ikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue putu ayu kukus pandan asli, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Meises secukupnya

Cara membuat

Setelah semua bahan telah disiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue putu ayu kukus pandan asli:

1. Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan. Pastikan kamu sudah menimbang semua bahan dengan benar dan menyiapkan alat seperti loyang, kukusan, dan mixer.

2. Campurkan tepung terigu, gula, dan baking powder

Campurkan tepung terigu, gula, dan baking powder dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan telur dan santan

Tambahkan telur dan santan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu, gula, dan baking powder tadi. Aduk semua bahan dengan mixer hingga adonan menjadi lembut.

4. Tambahkan daun pandan

Blender daun pandan dengan sedikit air hingga halus. Saring dan ambil airnya saja. Tambahkan air pandan ke dalam adonan dan aduk rata.

5. Siapkan loyang dan kukusan

Olesi loyang dengan sedikit minyak atau margarin agar adonan tidak lengket. Panaskan kukusan di atas api sedang.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan hingga 3/4 penuh.

7. Kukus adonan

Kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang. Kamu bisa mengecek kematangan adonan dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti adonan sudah matang.

8. Sajikan kue putu ayu kukus pandan asli

Sajikan kue putu ayu kukus pandan asli dalam kondisi hangat atau dingin. Taburi meises secukupnya di atas kue untuk memberikan rasa dan tampilan yang lebih menarik.

Catatan

Untuk mendapatkan kue putu ayu kukus pandan asli yang lembut dan enak, pastikan kamu mengikuti semua langkah di atas dengan benar. Selain itu, perhatikan juga takaran bahan yang digunakan agar adonan tidak terlalu cair atau terlalu kental.

Jika kamu ingin mencoba variasi rasa lain, kamu bisa mengganti daun pandan dengan daun suji atau daun kemangi. Selamat mencoba!

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar resep kue putu ayu kukus pandan asli:

  • Apakah kue putu ayu kukus pandan asli sulit dibuat?
  • Apakah kue putu ayu kukus pandan asli harus menggunakan daun pandan?
  • Bagaimana cara membuat kue putu ayu kukus pandan asli yang tidak mudah hancur?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue putu ayu kukus pandan asli?

Jawabannya adalah, membuat kue putu ayu kukus pandan asli tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan sedikit ketelitian dalam mengukur takaran bahan. Daun pandan adalah bahan utama yang memberikan aroma khas pada kue putu ayu kukus pandan asli, namun kamu bisa menggantinya dengan bahan lain seperti daun suji atau daun kemangi. Agar kue putu ayu kukus pandan asli tidak mudah hancur, pastikan kamu tidak mengaduk adonan terlalu banyak dan mengukusnya dengan api yang tidak terlalu besar. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue putu ayu kukus pandan asli adalah sekitar 30-40 menit.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Putu Ayu Kukus Pandan Asli ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :