Resep Kue Pisang Nagasari Tanpa Santan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Pisang Nagasari Tanpa Santan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Pisang Nagasari Tanpa Santan

Kue pisang nagasari adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat terkenal. Kue ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Biasanya, kue ini disajikan dengan tambahan kelapa parut dan gula merah. Namun, bagi kamu yang ingin mencoba variasi baru, kamu bisa mencoba membuat kue pisang nagasari tanpa santan. Berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue pisang nagasari tanpa santan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 200 ml air matang
  • 300 gram gula pasir
  • 12 buah pisang raja, potong-potong
  • 1 sendok teh garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat

Setelah semua bahan siap, kamu bisa mulai membuat kue pisang nagasari tanpa santan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan tepung ketan dan air matang

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan tepung ketan dan air matang dalam satu wadah. Aduk rata hingga tidak ada lagi bagian yang kering atau basah berlebihan.

2. Tambahkan gula pasir dan garam

Setelah tepung ketan dan air matang tercampur rata, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

3. Kukus adonan ketan

Selanjutnya, kukus adonan ketan selama sekitar 15 menit atau hingga matang. Setelah matang, biarkan adonan dingin terlebih dahulu.

4. Siapkan daun pisang

Sambil menunggu adonan dingin, siapkan daun pisang untuk membungkus kue. Pastikan daun pisang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

5. Ambil adonan ketan, bentuk bulat dan pipihkan

Setelah adonan dingin, ambil sejumput adonan dan bulatkan. Pipihkan adonan dan tambahkan potongan pisang di tengahnya. Bungkus adonan ketan dan pisang dengan daun pisang. Lakukan langkah ini hingga semua adonan habis.

6. Kukus kue pisang nagasari

Setelah semua adonan dibungkus dengan daun pisang, kukus kue selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat kue dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disajikan.

7. Sajikan kue pisang nagasari tanpa santan

Setelah kue dingin, kamu bisa menghidangkan kue pisang nagasari tanpa santan dengan taburan kelapa parut dan gula merah di atasnya. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk mencuci tangan dan peralatan setelah selesai membuat kue.

People also ask:

Q: Apakah kue pisang nagasari tanpa santan bisa disimpan?

A: Kue pisang nagasari tanpa santan bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama maksimal 3 hari. Namun, sebaiknya kue dimakan dalam waktu dekat untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Pisang Nagasari Tanpa Santan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :