Resep Kue Mendut Khas Jawa Tengah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Mendut Khas Jawa Tengah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Mendut Khas Jawa Tengah

Kue mendut merupakan salah satu kue yang populer di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Kue ini terbuat dari ketan putih yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah sebagai bahan isi. Berikut adalah resep kue mendut khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue mendut, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • 500 gram ketan putih
  • 300 ml santan kental
  • 200 gram gula merah, parut
  • 200 gram kelapa parut kasar, sangrai
  • 1 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue mendut:

1. Persiapan

Cuci bersih ketan putih dan rendam dalam air selama minimal 4 jam. Setelah direndam, tiriskan ketan dan tambahkan garam, aduk rata.

2. Pengukusan

Siapkan panci pengukus dan panaskan air di dalamnya. Letakkan daun pisang di dasar pengukus, lalu ambil sejumput ketan dan letakkan di atas daun pisang. Kukus ketan selama 15 menit atau hingga matang.

3. Pembuatan isi

Campurkan gula merah parut dengan santan, lalu masak dengan api kecil hingga gula larut dan santan mengental. Tambahkan kelapa sangrai ke dalamnya dan aduk rata.

4. Penyelesaian

Ambil sejumput ketan kukus, bentuk bulat dan pipihkan. Letakkan isi kelapa yang sudah dibuat di atasnya, lalu tutup dengan ketan putih lagi. Bentuk kembali menjadi bulat dan rapatkan bagian tepinya. Lakukan hingga semua ketan dan isi kelapa habis.

5. Penyajian

Kue mendut siap disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kamu juga bisa menambahkan taburan kelapa parut sangrai di atasnya untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih.

Itulah resep kue mendut khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti agar hasilnya maksimal dan enak.

People also ask:

1. Apa itu kue mendut?

Kue mendut adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan putih dan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah sebagai bahan isi.

2. Dari mana asal kue mendut?

Kue mendut berasal dari Jawa Tengah, namun kini sudah populer di seluruh Indonesia.

3. Apa yang membuat kue mendut istimewa?

Kue mendut memiliki cita rasa yang unik dan enak, terutama karena bahan isi yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah.

4. Bagaimana cara menyimpan kue mendut?

Kue mendut bisa disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan atau di dalam kulkas. Jika disimpan di dalam kulkas, pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan.

5. Apa saja variasi kue mendut?

Ada beberapa variasi kue mendut, seperti kue mendut isi kacang hijau, kue mendut isi coklat, dan kue mendut isi keju.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Mendut Khas Jawa Tengah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :