Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak Lembut

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak Lembut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak Lembut

Kue lapis tepung beras adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya dan dipanggang bertingkat-tingkat lapis. Kue lapis tepung beras yang enak lembut dan gurih pasti akan membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya. Berikut adalah resep kue lapis tepung beras enak lembut yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis tepung beras enak lembut antara lain:

  • 500 gram tepung beras
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 liter santan kental
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue lapis tepung beras enak lembut:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis tepung beras enak lembut. Pastikan semua bahan sudah tersedia dan dalam kondisi yang baik.

2. Campurkan Tepung Beras, Gula, dan Garam

Campurkan tepung beras, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah yang cukup besar. Aduk rata menggunakan sendok kayu atau spatula.

3. Panaskan Santan dengan Daun Pandan

Panaskan santan kental dalam panci bersama dengan daun pandan yang sudah diikat simpul. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga santan mulai mendidih. Setelah itu, angkat dari api dan biarkan santan agak dingin.

4. Campurkan Santan ke dalam Adonan Tepung

Campurkan santan yang sudah agak dingin ke dalam adonan tepung beras secara perlahan sambil diaduk rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

5. Tambahkan Air Kapur Sirih

Tambahkan 2 sendok makan air kapur sirih ke dalam adonan dan aduk rata. Air kapur sirih berfungsi untuk membuat kue lapis lebih kenyal dan tahan lama.

6. Bagi Adonan menjadi Beberapa Bagian

Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar. Jumlah bagian tergantung pada berapa banyak lapisan yang ingin kamu buat. Setiap bagian adonan bisa kamu tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera.

7. Panggang Lapisan Pertama

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau margarin. Tuangkan adonan lapisan pertama ke dalam loyang dan ratakan menggunakan spatula. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 15-20 menit atau hingga lapisan atasnya kering.

8. Panggang Lapisan Berikutnya

Setelah lapisan pertama matang, keluarkan dari oven dan tuangkan adonan lapisan berikutnya di atasnya. Panggang kembali dalam oven selama 15-20 menit atau hingga lapisan atasnya kering. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

9. Dinginkan Kue Lapis Tepung Beras

Setelah semua lapisan matang, keluarkan dari oven dan biarkan kue lapis tepung beras dingin di dalam loyang selama beberapa saat. Setelah itu, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera.

Tips dan Trik

Agar kue lapis tepung beras enak lembut dan gurih, kamu bisa menambahkan santan kental yang lebih banyak. Selain itu, gunakan daun pandan segar dan air kapur sirih yang berkualitas baik untuk hasil yang lebih maksimal.

Jangan lupa untuk menyimpan kue lapis tepung beras dalam wadah yang kedap udara agar tidak cepat basi. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

People also ask: Bagaimana cara membuat kue lapis tepung beras yang enak lembut?

Jawab: Untuk membuat kue lapis tepung beras enak lembut, kamu bisa mengikuti resep di atas dan memperhatikan beberapa tips dan trik yang sudah disebutkan. Pastikan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan memanggang dengan suhu dan waktu yang tepat. Dengan begitu, kue lapis tepung beras yang kamu buat akan enak lembut dan gurih.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak Lembut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :