Resep Kue Lapis Pisang Tepung Beras

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Pisang Tepung Beras salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Pisang Tepung Beras

Kue lapis pisang tepung beras adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat terkenal. Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, atau acara adat lainnya. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat kue lapis pisang tepung beras yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan A:

– 2 buah pisang raja matang

– 150 gram gula pasir halus

– 1/4 sendok teh garam

– 1 sendok makan air jeruk nipis

– 1 sendok makan air daun pandan, atau sedikit pewarna hijau

Bahan B:

– 300 gram tepung beras

– 100 gram tepung tapioka

– 1 liter santan kental

– 1/2 sendok teh garam

– 1 sendok makan air daun pandan, atau sedikit pewarna hijau

Cara membuat pisang lapis tepung beras

Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, saatnya memulai proses pembuatan kue lapis pisang tepung beras. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan A dan haluskan pisang

Pertama-tama, siapkan bahan A dan haluskan pisang dengan garpu hingga benar-benar halus. Tambahkan gula pasir, garam, air jeruk nipis, dan air daun pandan. Aduk rata dan sisihkan.

2. Siapkan bahan B

Selanjutnya, siapkan bahan B dan campurkan tepung beras, tepung tapioka, santan, garam, dan air daun pandan. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal.

3. Campurkan bahan A dan B

Setelah itu, campurkan bahan A dan B secara perlahan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Pastikan tidak ada yang menggumpal dan adonan benar-benar halus.

4. Panaskan loyang dan olesi dengan minyak

Panaskan loyang di atas api kecil. Olesi dengan minyak secukupnya agar adonan tidak lengket. Jangan lupa untuk mengolesi tepi-tepi loyang juga.

5. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuang adonan ke dalam loyang secara perlahan. Pastikan lapisan pertama tidak terlalu tebal. Panggang di atas api kecil hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sejenak.

6. Ulangi proses hingga adonan habis

Ulangi proses tersebut dengan mengulangi langkah 5 dan 6 hingga adonan habis. Pastikan setiap lapisan matang sebelum menambahkan lapisan berikutnya. Setelah selesai, dinginkan kue selama beberapa saat.

7. Potong sesuai selera

Potong kue sesuai dengan selera. Kue lapis pisang tepung beras siap disajikan.

Itulah resep lengkap untuk membuat kue lapis pisang tepung beras yang lezat dan enak. Selamat mencoba di rumah dan nikmati hasilnya bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

People also ask:

1. Apakah kue lapis pisang tepung beras bisa dibuat tanpa pisang?

Jawaban: Tidak, karena pisang adalah salah satu bahan utama dalam kue lapis pisang tepung beras.

2. Apakah tepung tapioka bisa diganti dengan tepung kanji?

Jawaban: Ya, karena tepung tapioka dan tepung kanji sebenarnya sama saja.

3. Bisakah menggunakan santan instan?

Jawaban: Bisa, namun rasanya tidak seautentik menggunakan santan kental yang dibuat dari kelapa.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Pisang Tepung Beras ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :