Resep Kue Dari Pisang Ambon

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Dari Pisang Ambon salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Dari Pisang Ambon

Kue menjadi salah satu camilan yang tak pernah lekang oleh waktu. Berbagai jenis kue dengan ragam rasa dan bahan baku bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Namun, untuk Anda yang ingin mencoba kue yang berbeda dan lebih sehat, kue dari pisang ambon bisa menjadi pilihan yang tepat. Pisang ambon adalah jenis pisang yang cukup populer dan sering digunakan sebagai bahan baku kue. Berikut adalah resep kue dari pisang ambon yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue dari pisang ambon, pastikan Anda menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 3 buah pisang ambon yang sudah matang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml susu cair

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue dari pisang ambon:

1. Siapkan Pisang Ambon

Pertama-tama, kupas kulit pisang ambon dan pisahkan dari tangkainya. Kemudian, haluskan pisang menggunakan garpu atau blender hingga halus. Sisihkan.

2. Campurkan Bahan Kering

Selanjutnya, ayak tepung terigu, baking powder, baking soda, vanili bubuk, dan garam ke dalam mangkuk. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula. Sisihkan.

3. Kocok Telur dan Gula

Pada mangkuk yang berbeda, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer atau whisk hingga tercampur dan berubah warna menjadi putih kekuningan.

4. Masukkan Bahan Cair

Tambahkan mentega cair dan susu cair ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata menggunakan spatula.

5. Campurkan Semua Bahan

Tuang adonan pisang ambon ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata. Kemudian, masukkan campuran bahan kering sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga semua bahan tercampur sempurna.

6. Siapkan Loyang

Olesi loyang dengan mentega atau margarin. Taburi dengan tepung tipis-tipis agar adonan tidak lengket pada loyang.

7. Panggang Adonan

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Ratakan adonan menggunakan spatula. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius selama 25-30 menit atau hingga matang. Cek kematangan adonan dengan menusukkan tusuk gigi pada adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

8. Angkat Kue

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan angkat dari loyang. Diamkan hingga dingin.

9. Sajikan

Sajikan kue pisang ambon yang sudah matang dan dingin dengan cara yang Anda suka. Bisa ditambahkan topping seperti kacang atau keju parut untuk menambah cita rasa.

Demikianlah resep kue dari pisang ambon yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar kue dari pisang ambon:

1. Apakah bisa menggunakan tepung terigu protein rendah?

Bisa, tapi hasilnya mungkin tidak akan sebagus menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein tinggi menghasilkan kue yang lebih kenyal dan empuk.

2. Apa bedanya baking powder dan baking soda?

Baking powder dan baking soda sama-sama digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Namun, baking powder mengandung asam tartar yang sudah dicampur dengan soda kue, sedangkan baking soda hanya mengandung soda kue.

3. Apa yang bisa ditambahkan ke dalam adonan selain pisang?

Anda bisa menambahkan cokelat bubuk, kismis, atau kacang cincang ke dalam adonan untuk menambah rasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Dari Pisang Ambon ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :