Resep Kue Bolu Mekar Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Mekar Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Mekar Gula Merah

Kue bolu mekar gula merah adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis dan lezat. Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan mudah untuk dibuat. Berikut ini adalah resep kue bolu mekar gula merah yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue bolu mekar gula merah, kamu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 150 gram gula merah, serut halus
  • 6 butir telur
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 150 ml air matang
  • 50 ml minyak sayur
  • Pewarna makanan merah secukupnya

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kue bolu mekar gula merah:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue bolu mekar gula merah. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan bersih.

2. Ayak Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Ambil tepung terigu, baking powder, dan garam, lalu ayak ke dalam mangkuk. Aduk rata dan sisihkan.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan berwarna putih. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit.

4. Masukkan Emulsifier dan Gula Merah

Tambahkan emulsifier dan gula merah serut halus ke dalam adonan telur yang telah dikocok tadi. Aduk rata dengan mixer kecepatan rendah.

5. Tambahkan Air dan Minyak Sayur

Tuangkan air dan minyak sayur ke dalam adonan telur, emulsifier, dan gula merah. Aduk rata dengan mixer kecepatan rendah.

6. Masukkan Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Tuangkan campuran tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam adonan telur secara bertahap. Aduk rata dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan tercampur sempurna.

7. Tambahkan Pewarna Makanan

Tambahkan pewarna makanan merah secukupnya ke dalam adonan kue bolu mekar gula merah. Aduk rata dengan mengunakan spatula.

8. Tuang Adonan ke Loyang

Tuang adonan kue bolu mekar gula merah ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Pastikan adonan terisi hingga 3/4 tinggi loyang.

9. Panggang Kue

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Lalu, panggang kue bolu mekar gula merah selama 30-40 menit atau sampai matang. Tes kematangan kue dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel maka kue sudah matang.

10. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak. Setelah dingin, keluarkan dari loyang dan siap untuk disajikan.

Penutup

Itulah resep kue bolu mekar gula merah yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan kamu mengikuti semua langkah-langkah di atas dengan baik dan benar agar kue bisa keluar dengan sempurna. Selamat mencoba!

People also ask: Apa itu kue bolu mekar gula merah? Bagaimana cara membuat kue bolu mekar gula merah yang enak?

Jawaban: Kue bolu mekar gula merah adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, gula merah, telur, emulsifier, baking powder, garam, air matang, minyak sayur, dan pewarna makanan merah. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mengocok telur dan gula pasir, lalu menambahkan bahan-bahan lainnya secara bertahap. Setelah itu, adonan dituang ke dalam loyang dan dipanggang hingga matang. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Mekar Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :