Resep Kue Basah Lapis Engkak Khas Palembang

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Basah Lapis Engkak Khas Palembang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Basah Lapis Engkak Khas Palembang

Resep Kue Basah Lapis Engkak Khas Palembang Kue basah lapis engkak merupakan salah satu kue tradisional khas Palembang yang terkenal dengan kelezatannya. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta memiliki aroma yang harum. Berikut ini adalah resep kue basah lapis engkak khas Palembang yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue basah lapis engkak, kamu memerlukan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung ketan, santan kelapa, garam, gula pasir, dan pewarna makanan. Selain itu, kamu juga memerlukan daun pandan untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada kue.

Cara Membuat Adonan

Langkah pertama dalam membuat kue basah lapis engkak adalah membuat adonan. Pertama-tama, campurkan tepung beras dan tepung ketan dalam satu wadah. Selanjutnya, tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera kamu. Terakhir, tambahkan daun pandan yang telah diiris halus dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Cara Membuat Lapisan Kue

Setelah adonan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat lapisan kue. Pertama-tama, panaskan loyang kue dengan api kecil dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan kue ke dalam loyang dan ratakan dengan sendok. Selanjutnya, kukus adonan kue selama 5-10 menit hingga matang.

Pemberian Warna Pada Lapisan Kue

Setelah lapisan kue pertama matang, tambahkan pewarna makanan pada adonan kue yang tersisa. Aduk hingga tercampur rata dan tuang kembali adonan kue ke dalam loyang. Kukus adonan kue selama 5-10 menit hingga matang. Ulangi proses ini hingga adonan kue habis dan terbentuk beberapa lapisan kue. Setelah semua lapisan kue matang, biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Kue basah lapis engkak siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau tamu. People Also Ask: – Apakah kue basah lapis engkak sulit dibuat? Tidak sulit, asalkan kamu mengikuti resep dengan baik dan benar. Pastikan juga takaran bahan yang digunakan sesuai dengan resep agar kue dapat matang dan lezat. – Bisakah saya menambahkan bahan lain pada kue basah lapis engkak? Tentu saja, kamu bisa menambahkan bahan seperti kelapa parut atau kismis untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih variatif pada kue. Namun, pastikan takaran bahan yang ditambahkan tidak mengganggu keseimbangan rasa dan tekstur kue. – Apa yang membuat kue basah lapis engkak khas Palembang? Kue basah lapis engkak khas Palembang memiliki rasa dan aroma yang khas karena menggunakan santan kelapa dan daun pandan sebagai bahan utama. Selain itu, cara pembuatannya yang membutuhkan waktu dan kesabaran juga menjadi ciri khas dari kue ini.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Lapis Engkak Khas Palembang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :