Resep Kue Balok Tanpa Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Balok Tanpa Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Balok Tanpa Telur

Kue balok merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan bahan-bahan lainnya. Namun, bagi yang alergi atau tidak suka dengan telur, tentu saja membuat kue balok menjadi sulit. Oleh karena itu, kami akan membagikan resep kue balok tanpa telur yang mudah dan enak.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue balok tanpa telur, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram tepung ketan putih
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh garam
  • 400 ml air kelapa
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat Adonan

1. Campurkan tepung terigu, tepung ketan putih, gula pasir, baking powder, soda kue, dan garam dalam wadah yang cukup besar. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk.

2. Masukkan air kelapa sedikit-sedikit sambil diaduk dengan whisk hingga adonan tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan adonan.

3. Tambahkan minyak goreng dan daun pandan yang sudah diiris tipis ke dalam adonan. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata.

Cara Membuat Kue Balok

1. Panaskan cetakan kue balok di atas kompor dengan api kecil. Olesi cetakan dengan sedikit minyak goreng agar kue tidak lengket.

2. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga setengah atau 3/4 bagian penuh. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dipanggang.

3. Tutup cetakan kue balok dengan penutup atau dengan loyang yang sudah dilapisi kain bersih agar uap air tidak masuk ke dalam adonan. Panggang kue balok selama sekitar 25-30 menit dengan api kecil hingga matang.

Cara Menyajikan

1. Angkat kue balok dari cetakan dan biarkan dingin sejenak.

2. Potong-potong kue balok sesuai dengan selera. Kue balok siap disajikan dan dinikmati.

3. Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan parutan kelapa pada adonan sebelum memanggang, atau menggunakan pewarna makanan agar warna kue lebih menarik.

4. Kue balok tanpa telur ini dapat disimpan dalam kotak kedap udara selama beberapa hari agar tetap segar.

5. Jawaban dari people also ask: Apakah kue balok tanpa telur bisa diganti dengan bahan lain?

Anda dapat mengganti air kelapa dengan susu atau santan jika tidak menyukai rasa kelapa. Namun, pastikan proporsi bahan-bahan tetap sama agar kue tetap lezat dan empuk.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Balok Tanpa Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :