Resep Kue Apem Bakar Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Apem Bakar Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Apem Bakar Gula Merah

Kue apem bakar gula merah adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis khas dari gula merah. Kue ini terbuat dari tepung beras, ragi, gula merah, santan, dan air. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Berikut adalah resep kue apem bakar gula merah yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue apem bakar gula merah adalah:

  • 300 gram tepung beras
  • 250 ml santan kental
  • 200 gram gula merah, iris tipis
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 500 ml air matang
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Adonan

Untuk membuat adonan kue apem bakar gula merah, pertama-tama siapkan wadah besar untuk mencampurkan semua bahan adonan. Campurkan tepung beras, ragi instan, gula merah, dan santan kental ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan air secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan kue apem bakar gula merah menjadi licin dan tidak bergerindil. Tambahkan garam dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Proses Pengadukan Adonan

Agar adonan kue apem bakar gula merah mengembang dengan baik, adonan perlu diaduk secara terus-menerus selama kurang lebih 15 menit. Pengadukan ini berguna untuk mempercepat proses fermentasi dari ragi dan menghasilkan adonan yang lebih lembut.

Proses Pemanasan Adonan

Setelah adonan kue apem bakar gula merah telah diaduk dengan baik, diamkan selama kurang lebih 2 jam hingga adonan mengembang dan berbuih. Setelah itu, pemanasan dapat dilakukan dengan menggunakan kompor atau oven.

Jika menggunakan kompor, siapkan wajan datar dan oleskan sedikit minyak. Panaskan wajan dan tuangkan adonan kue apem bakar gula merah secukupnya. Tunggu hingga adonan mulai berbuih dan matang di bawah, kemudian balik dan panggang hingga matang sempurna.

Jika menggunakan oven, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Tuangkan adonan kue apem bakar gula merah ke dalam loyang yang telah dioleskan dengan sedikit minyak. Panggang selama 10-15 menit atau hingga matang sempurna.

Setelah itu, kue apem bakar gula merah siap disajikan. Kue ini dapat disantap sebagai camilan atau hidangan penutup.

People also ask:

1. Apakah kue apem bakar gula merah sulit dibuat?

Jawab: Tidak, kue apem bakar gula merah mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan.

2. Apa yang membuat kue apem bakar gula merah memiliki rasa manis khas?

Jawab: Rasa manis khas pada kue apem bakar gula merah berasal dari penggunaan gula merah sebagai bahan utama.

3. Bisakah kue apem bakar gula merah disimpan dalam waktu yang lama?

Jawab: Kue apem bakar gula merah dapat disimpan selama beberapa hari dalam wadah kedap udara di suhu ruangan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Apem Bakar Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :