Resep Cara Membuat Kue Kering Kastengel

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Cara Membuat Kue Kering Kastengel salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Kering Kastengel

Kue kastengel adalah salah satu kue kering yang populer di Indonesia. Kue ini biasanya disajikan saat momen spesial seperti hari raya atau acara-acara tertentu. Kue kastengel memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Jika Anda ingin membuat kue kastengel sendiri di rumah, berikut adalah resep cara membuat kue kering kastengel yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue kastengel, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram mentega
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 50 gram keju parmesan parut
  • 1 butir telur untuk olesan

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Campurkan Tepung Terigu, Baking Powder, Garam, dan Merica

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, baking powder, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan tersebut.

2. Tambahkan Mentega dan Keju Cheddar Parut

Tambahkan mentega dan keju cheddar parut ke dalam campuran tepung terigu. Aduk hingga rata dan tercampur sempurna.

3. Tambahkan Kuning Telur dan Susu Bubuk

Tambahkan kuning telur dan susu bubuk ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan.

4. Diamkan Adonan di dalam Kulkas

Diamkan adonan di dalam kulkas selama 30 menit hingga adonan kastengel mengeras dan mudah dibentuk.

5. Bentuk Adonan Menjadi Kastengel

Setelah adonan kastengel mengeras, ambil adonan secukupnya dan bentuk sesuai selera. Anda dapat membentuk adonan menjadi kastengel dengan menggunakan cetakan khusus atau dengan cara membentuk adonan menjadi segi empat.

6. Olesi Kue dengan Telur

Olesi kue kastengel dengan telur agar memiliki warna yang bagus saat dipanggang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa seluruh permukaan kue tertutupi dengan telur.

7. Taburi Keju Parmesan Parut

Setelah kue kastengel diolesi dengan telur, taburi keju parmesan parut di atasnya. Hal ini akan memberikan aroma yang khas dan rasa yang lebih gurih pada kue kastengel.

8. Panggang Kue Kastengel

Panggang kue kastengel di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 30-40 menit atau hingga kue matang dan berwarna kekuningan. Jangan lupa untuk memeriksa kue setiap 10 menit dan memutar posisi loyang agar kue matang merata.

9. Sajikan Kue Kastengel

Setelah kue kastengel matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sejenak. Anda dapat menyajikan kue kastengel sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup saat acara spesial.

Memodifikasi Resep Kue Kastengel

Jika Anda ingin memodifikasi resep kue kastengel, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih atau bawang merah cincang untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti ketumbar atau jintan untuk memberikan aroma yang lebih khas pada kue kastengel.

People also ask:

1. Apa itu kue kastengel?

Kue kastengel adalah salah satu jenis kue kering yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta aroma yang khas.

2. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kastengel?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kastengel antara lain tepung terigu, mentega, keju cheddar parut, kuning telur, baking powder, garam, merica bubuk, susu bubuk, keju parmesan parut, dan telur untuk olesan.

3. Bagaimana cara membuat kue kastengel?

Untuk membuat kue kastengel, campurkan tepung terigu, baking powder, garam, dan merica. Tambahkan mentega, keju cheddar parut, kuning telur, dan susu bubuk. Diamkan adonan di dalam kulkas selama 30 menit, lalu bentuk adonan menjadi kastengel. Olesi dengan telur, taburi keju parmesan parut, dan panggang selama 30-40 menit.

4. Bisakah resep kue kastengel dimodifikasi?

Ya, resep kue kastengel dapat dimodifikasi dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih atau bawang merah cincang. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti ketumbar atau jintan untuk memberikan aroma yang lebih khas pada kue kastengel.

Terima kasih sudah membaca Resep Cara Membuat Kue Kering Kastengel ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :