Cara Membuat Sambal Saus Cireng

Posted on

Cara Membuat Sambal Saus Cireng salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Saus Cireng

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan cireng, makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung kanji dan bahan-bahan lainnya. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang cirengnya, melainkan sambal saus cireng yang menjadi pelengkapnya. Berikut adalah cara membuat sambal saus cireng yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal saus cireng, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 100 ml air matang

Cara Membuat Sambal Saus Cireng

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal saus cireng:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih dan dipotong-potong yang sesuai dengan selera.

2. Haluskan Cabai dan Bawang Putih

Selanjutnya, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Jika menggunakan blender, tambahkan sedikit air agar proses penghalusan lebih mudah.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan sedikit minyak di dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Pastikan api sedang agar bumbu tidak gosong.

4. Tambahkan Tomat

Tambahkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Masak hingga tomat menjadi lembut dan matang.

5. Tambahkan Garam dan Gula

Selanjutnya, tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga gula larut dan bumbu tercampur sempurna.

6. Tambahkan Air

Tambahkan air matang ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga sambal saus cireng mendidih dan air sedikit menyusut.

7. Tambahkan Air Jeruk Nipis

Terakhir, tambahkan air jeruk nipis ke dalam sambal saus cireng. Aduk rata dan matikan api. Sambal saus cireng siap disajikan!

Cara Menyajikan

Sambal saus cireng biasanya disajikan di dalam mangkuk kecil atau gelas. Kamu bisa menambahkan sedikit irisan bawang merah dan daun seledri untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar.

Nah, itu tadi adalah cara membuat sambal saus cireng yang mudah dan praktis. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menikmatinya bersama cireng yang renyah. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Bagaimana cara membuat cireng?

Jawaban: Cireng terbuat dari campuran tepung kanji, bawang putih, garam, dan air. Adonan kemudian dibentuk menjadi silinder dan digoreng hingga matang.

2. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam sambal saus cireng?

Jawaban: Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menambahkan bawang merah, daun seledri, atau air asam ke dalam sambal saus cireng.

3. Apakah sambal saus cireng bisa disimpan?

Jawaban: Ya, sambal saus cireng bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Kamu bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Saus Cireng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :