Cara Membuat Sambal Rempelo Ati

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Rempelo Ati salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Rempelo Ati

Ketika kita membicarakan tentang sambal, tentunya banyak sekali jenis sambal yang ada di Indonesia. Salah satu jenis sambal yang cukup populer adalah sambal rempelo ati. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan enak, serta dapat disajikan dengan berbagai jenis makanan. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep tentang cara membuat sambal rempelo ati yang enak dan mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat sambal rempelo ati, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan:

  • 1/2 kg hati sapi
  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 batang serai
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Rempelo Ati

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita dapat mulai membuat sambal rempelo ati dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Hati Sapi

Pertama-tama, bersihkan hati sapi dengan air mengalir. Kemudian, potong hati sapi menjadi ukuran yang kecil-kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, rebus hati sapi hingga matang. Tiriskan dan sisihkan.

2. Menghaluskan Bumbu

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, jahe, dan serai dengan menggunakan blender atau ulekan. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata.

3. Menggoreng Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Aduk-aduk bumbu halus agar tidak gosong dan merata.

4. Menambahkan Garam dan Gula Pasir

Setelah bumbu halus matang, tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk-aduk bumbu halus hingga garam dan gula pasir tercampur rata dengan bumbu.

5. Menambahkan Hati Sapi

Terakhir, tambahkan hati sapi yang telah direbus ke dalam wajan. Aduk-aduk bumbu dan hati sapi hingga tercampur rata. Sambal rempelo ati siap disajikan.

Penyajian Sambal Rempelo Ati

Sambal rempelo ati dapat disajikan dengan berbagai macam makanan, seperti nasi putih, nasi goreng, atau soto. Sambal rempelo ati juga dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk hidangan daging sapi atau ayam. Sajikan sambal rempelo ati dalam porsi kecil sebagai pelengkap makanan.

Nah, itu tadi resep tentang cara membuat sambal rempelo ati yang enak dan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

People Also Ask:

1. Apa itu sambal rempelo ati?

Sambal rempelo ati adalah jenis sambal yang terbuat dari hati sapi dan bumbu-bumbu rempah yang dihaluskan. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan enak.

2. Dapatkah sambal rempelo ati disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, sambal rempelo ati dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di dalam kulkas. Sambal ini dapat bertahan selama 1 minggu.

3. Bagaimana cara membuat sambal rempelo ati yang lebih pedas?

Jika ingin membuat sambal rempelo ati yang lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabai rawit ke dalam bumbu halus.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Rempelo Ati ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :