Cara Membuat Sambal Matah Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Matah Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Matah Tahan Lama

Cara Membuat Sambal Matah Tahan Lama Sambal matah merupakan sambal khas Bali yang sangat terkenal. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan alami yang segar dan nikmat. Sambal ini sangat cocok untuk disajikan sebagai pelengkap makanan, terutama makanan yang berkuah seperti sop, mie, atau nasi goreng. Namun, sambal matah memiliki masa simpan yang cukup singkat. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan resep cara membuat sambal matah tahan lama yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal matah, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan: – 10 siung bawang merah – 5 siung bawang putih – 10 buah cabai rawit merah – 5 buah cabai merah besar – 2 batang serai – 4 lembar daun jeruk – 4 lembar daun salam – 1 sdt garam – 1 sdt gula pasir – 1 sdm minyak goreng – 2 sdm air jeruk nipis – 2 sdm minyak kelapa

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal matah dengan cara berikut: 1. Siapkan wadah dan pisau yang bersih. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, dan cabai merah besar. Kemudian, letakkan di dalam wadah yang telah disiapkan. 2. Ambil dua batang serai. Kulit bagian luar serai harus dihilangkan dan bagian dalamnya diiris tipis-tipis. Tambahkan ke dalam wadah bersama bahan-bahan yang sudah diiris. 3. Ambil daun jeruk dan daun salam. Cuci bersih dan iris tipis-tipis. Tambahkan ke dalam wadah bersama bahan-bahan yang sudah diiris. 4. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wadah. Kemudian, aduk hingga semua bahan tercampur rata. 5. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Setelah panas, matikan api dan tambahkan minyak kelapa. Aduk hingga minyak kelapa meleleh. 6. Tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah yang berisi bahan-bahan yang telah diiris dan dicampur. Tambahkan air jeruk nipis dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. 7. Sambal matah siap disajikan. Namun, jika ingin membuat sambal matah tahan lama, simpan di dalam wadah tertutup rapat di dalam kulkas.

Cara Menjaga Sambal Matah Tetap Segar dan Tahan Lama

Untuk menjaga sambal matah tetap segar dan tahan lama, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti: 1. Pastikan semua bahan yang digunakan segar dan belum tercampur dengan bahan lain yang dapat mempercepat kerusakan sambal. 2. Simpan sambal matah di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat. Hindari menyimpan sambal di dalam wadah yang telah terkontaminasi oleh bahan lain. 3. Simpan sambal di dalam kulkas. Suhu dingin di dalam kulkas dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kesegaran sambal. 4. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memegang sambal. Bakteri yang ada di tangan dapat mempercepat kerusakan sambal.

People Also Ask

– Berapa lama sambal matah dapat bertahan di dalam kulkas? Sambal matah dapat bertahan selama 1-2 minggu di dalam kulkas jika disimpan di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat. – Apakah sambal matah dapat disimpan di dalam freezer? Sambal matah dapat disimpan di dalam freezer, tetapi tidak dianjurkan karena tekstur dan rasa sambal dapat berubah setelah dicongelkan. – Apakah sambal matah dapat dimasak? Sambal matah biasanya disajikan sebagai sambal mentah. Namun, jika ingin menggunakan sambal matah sebagai bahan masakan, sambal dapat dicampur dengan bahan lain dan dimasak hingga matang.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Matah Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :