Cara Membuat Sambal Matah Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Matah Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Matah Pedas

Kamu sedang mencari resep untuk membuat sambal matah pedas yang enak dan lezat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sebagai koki profesional, saya akan berbagi resep cara membuat sambal matah pedas yang mudah dan praktis. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, kamu bisa membuat sambal matah pedas yang enak dan cocok untuk berbagai jenis makanan. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal matah pedas, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Matah Pedas

Setelah mempersiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, kamu bisa mulai membuat sambal matah pedas dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Cuci bersih cabe, bawang, serai, dan daun jeruk purut. Potong-potong bahan-bahan tersebut agar lebih mudah saat dihaluskan.

2. Haluskan Bahan-Bahan

Setelah semua bahan sudah dicuci dan dipotong, haluskan cabe, bawang, serai, dan daun jeruk purut. Kamu bisa menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut. Jangan terlalu halus karena sambal matah sebaiknya memiliki tekstur yang sedikit kasar.

3. Tumis Bahan-Bahan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan matang. Tambahkan terasi matang dan aduk rata.

4. Tambahkan Gula dan Garam

Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam tumisan sambal matah pedas. Aduk rata dan masak selama beberapa saat hingga gula dan garam larut dengan sempurna.

5. Masukkan Tomat

Setelah gula dan garam larut dengan sempurna, masukkan potongan tomat ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga tomat matang. Angkat dari api dan sambal matah pedas siap disajikan.

Cara Penyajian

Untuk menyajikan sambal matah pedas, kamu bisa langsung menuangkannya ke dalam mangkuk atau wadah kecil. Sambal matah pedas biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, sate, atau ayam goreng. Selamat mencoba!

People also ask, bagaimana cara membuat sambal matah pedas yang enak? Untuk membuat sambal matah pedas yang enak, pastikan kamu menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Haluskan bahan-bahan secara kasar agar sambal matah memiliki tekstur yang pas. Tambahkan sedikit gula dan garam untuk memberikan rasa yang seimbang. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah cabe rawit dan cabe merah keriting sesuai dengan selera kamu. Semoga berhasil!

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Matah Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :