Cara Membuat Sambal Jeruk Nipis

Posted on

Cara Membuat Sambal Jeruk Nipis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Jeruk Nipis

Cara membuat Sambal Jeruk Nipis Sambal merupakan bumbu yang sangat populer di Indonesia. Ada berbagai macam sambal yang bisa dibuat dengan berbagai bahan dasar. Salah satu sambal yang cukup populer adalah sambal jeruk nipis. Sambal ini memiliki rasa yang segar dan cocok untuk disajikan bersama dengan makanan yang berat seperti nasi goreng atau ayam goreng. Berikut adalah cara membuat sambal jeruk nipis yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal jeruk nipis, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal jeruk nipis: – 10 buah cabe rawit – 5 buah cabe merah keriting – 2 siung bawang putih – 1 buah jeruk nipis – 1 sendok makan gula pasir – 1 sendok teh garam – Minyak goreng secukupnya

Langkah pertama

Langkah pertama dalam membuat sambal jeruk nipis adalah memotong cabe rawit dan cabe merah keriting. Potong cabe menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dihaluskan nanti. Setelah itu, kupas bawang putih dan iris tipis-tipis.

Langkah kedua

Setelah semua bahan siap, panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabe rawit dan cabe merah keriting. Tumis hingga cabe terlihat layu dan mulai lembut.

Langkah ketiga

Setelah cabe terlihat layu, angkat wajan dari kompor dan biarkan sedikit dingin. Setelah itu, masukkan semua bahan yang telah ditumis ke dalam blender. Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam blender.

Langkah keempat

Blender semua bahan hingga halus dan tercampur dengan baik. Pastikan bahwa semua bahan telah tercampur dengan rata dan tidak ada yang terlalu kasar atau kasar.

Langkah kelima

Setelah sambal halus, peras jeruk nipis dan tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam blender. Blender kembali hingga tercampur dengan rata.

Langkah keenam

Setelah sambal tercampur dengan baik, siapkan wadah untuk menyimpan sambal. Tuang sambal ke dalam wadah dan simpan di dalam lemari es.

Langkah ketujuh

Sambal jeruk nipis siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya bersama dengan makanan yang berat seperti nasi goreng atau ayam goreng. Selamat mencoba! People also ask tentang cara membuat sambal jeruk nipis: – Apakah sambal jeruk nipis enak? Jawaban: Ya, sambal jeruk nipis memiliki rasa yang segar dan cocok untuk disajikan bersama dengan makanan yang berat seperti nasi goreng atau ayam goreng. – Apakah sambal jeruk nipis sulit dibuat? Jawaban: Tidak, sambal jeruk nipis sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasar. – Apa bahan utama dalam membuat sambal jeruk nipis? Jawaban: Bahan utama dalam membuat sambal jeruk nipis adalah cabe rawit, cabe merah keriting, bawang putih, jeruk nipis, gula pasir dan garam. – Berapa lama sambal jeruk nipis bisa disimpan? Jawaban: Sambal jeruk nipis bisa disimpan di dalam lemari es selama 1-2 minggu tergantung pada kondisi lemari es dan wadah penyimpanan yang digunakan.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Jeruk Nipis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :